Ribuan TKI Asal Pamekasan, Hanya 3 yang Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Ribuan TKI Asal Pamekasan, Hanya 3 yang Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Yeyen
Jumat, 30 Agustus 2019 20:38 WIB

Kepala KCP BPJS Ketenagakerjaan Pamekasan, S Bill Fauzan.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Jumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur jumlahnya mencapai ribuan. Namun, dari jumlah itu hanya ada 3 orang yang menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Hal tersebut terkuak setelah adanya insiden dua TKI asal Pamekasan yang meninggal dalam kecelakaan kerja di Malaysia.

Dua TKI tersebut atas nama Mattalha (42) dan Sahrullah (42). Keduanya, berasal dari Desa Ponjenan, Kecamatan Batumarmar, Kabupaten Pamekasan, Madura. Keduanya tidak menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Saat dikonfirmasi hal tersebut, Kepala KCP BPJS Ketenagakerjaan Pamekasan, S Bill Fauzan membenarkan, hampir rata-rata warga Madura yang menjadi TKI atau Pekerja Migran Indonesia (PMI) banyak yang tidak menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Bukan hanya Pamekasan saja, hampir rata-rata di Madura itu kan sudah turun-temurun berangkat dengan cara yang seperti itu (non prosedural dan tidak mendaftar menjadi BPJS Ketenagakerjaan)," kata S Bill Fauzan saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (30/8/19).

S Bill Fauzan mengungkapkan, hingga saat ini TKI asal Pamekasan yang mendaftar dan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan di KCP BPJS Ketenagakerjaan Pamekasan hanya ada tiga orang saja.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video