Bupati Banyuwangi Wujudkan Digitalisasi pesantren | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Bupati Banyuwangi Wujudkan Digitalisasi pesantren

Editor: abdurrahman ubaidah
Wartawan: lan maulana
Senin, 17 November 2014 09:44 WIB

Bupati Abdullah Azwar Anas

BANYUWANGI (BangsaOnline) - Upaya pengembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di Kabupaten terus dipacu. Selain di bidang pelayanan publik, kesehatan, dan pariwisata, TIK juga digunakan untuk mengembangkan sumberdaya manusia (SDM) di pesantren.

Bupati Abdullah Azwar Anas mengatakan, bersama salah satu BUMN telekomunikasi, pihaknya telah dan akan terus mendorong digitalisasi pesantren. Saat ini, di sejumlah pesantren di telah dipasang sarana TIK yang memadai, seperti titik wi-fi.
Pelajaran teknologi informasi juga dimasukkan melalui pelatihan-pelatihan, termasuk melatih santri membuat bisnis berbasis online.
"Yang sedang disiapkan adalah digitalisasi kitab-kitab seperti Ihya Ulumuddin karya Imam Ghozali. Jadi kitab-kitab yang tebal itu cukup bisa dibaca di gadget. Biar belajarnya juga lebih enak dan bisa di mana saja. Kami ingin SDM santri bisa unggul dan mengikuti perkembangan teknologi. Jadi jangan lagi santri dianggap gagap teknologi," ujar Anas.

Kitab yang didigitalisasi adalah kitab yang mengajarkan ajaran Islam yang ramah, toleran, damai, dan mencerahkan. Selain pesantren, Anas menambahkan, Pemkab telah memasang sekitar 1.400 titik wifi akses internet nirkabel di berbagai ruang publik, seperti taman, tempat ibadah, rumah sakit, puskesmas, sekolah, perpustakaan daerah, dan tempat publik lain.

"Meski kami berada di ujung timur Jawa, tapi literasi digital tidak kalah. Sepanjang awal tahun ini, rata-rata pengakses wi-fi di mencapai sekitar 170.000 per bulan, meningkat 75 persen dibanding tahun lalu yang rata-rata 97.000 pengakses per bulan," kata Anas.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

Sumber: Harian Bangsa, Kabar Bisnis,

 

sumber : Harian Bangsa, Kabar Bisnis,

 Tag:   Banyuwangi Pesantren

Berita Terkait

Bangsaonline Video