Bersaing Dengan Pendatang Baru, Empat Petahana Balon Kades di Situbondo Tumbang Saat Tes Tulis | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Bersaing Dengan Pendatang Baru, Empat Petahana Balon Kades di Situbondo Tumbang Saat Tes Tulis

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Mursidi
Kamis, 03 Oktober 2019 23:10 WIB

Tampak Kabid Bina Pemerintahan Desa Kabupaten Situbondo Yogi Kripsiansyah saat akan menempel hasil tes ke papan pengumuman di Pemkab Situbondo. foto: MURSIDI/ BANGSAONLINE

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Jelang pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak, sebanyak 84 bakal calon (Balon) Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Situbondo menjalani tes tulis. Tes tulis tersebut diselenggarakan bagi 12 desa yang mempunyai balon lebih dari lima.

Dari 12 desa yang menjalani tes tulis, sebelas desa diikuti oleh petahana (incumbent). Namun dari 11 desa tersebut, sebanyak 4 bakal calon kepala desa petahana tumbang kalah bersaing dengan balon pendatang baru.

Menurut Kabid Bina Pemerintahan Desa Kabupaten Situbondo Yogi Kripsiansyah, bahwa tes tersebut dilakukan berdasarkan aturan yang ada. Di dalam aturan menyebutkan jika balon kepala desa lebih dari lima, maka diadakan tes untuk mencari lima besar.

"Itu tes untuk memilih lima besar, lima besar itu nantinya akan ditetapkan sebagai calon kepala desa yang berhak dipilih. Artinya, panitia secara otomatis tinggal menetapkan secara resmi peringkat satu sampai lima," terangnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Pilkades Situbondo

Berita Terkait

Bangsaonline Video