Sam Pa, Minyak dan Bisikan Surya Paloh pada Jokowi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Sam Pa, Minyak dan Bisikan Surya Paloh pada Jokowi

Senin, 24 November 2014 16:54 WIB

Kantor Sonangol EP di Luanda, Angola, November 2013. Simon Dawson/Bloomberg via Getty Images/tempo.co.id

JAKARTA(BangsaOnline) Sonangol EP atau Sociedade Nacional de Combustiveis de EP meneken kerja sama dengan Presiden Joko Widodo untuk mengekspor minyaknya ke Indonesia. Salah satu pemilik Sonangol, Sam Pa, yang menjadi pintu masuk Indonesia menggandeng perusahaan pemegang izin untuk eksplorasi minyak dan gas di Negara Republik itu.

Ketua Umum Partai NasDem menjadi orang di balik kerja sama Sonangol-Indonesia. Surya mengaku sudah berkawan lama dengan Sam Pa. "Sudah belasan tahun," ujar Surya saat wawancara dengan majalah Tempo, pekan lalu. Surya mengaku mengenal Sam Pa saat mereka bersama-sama bertemu di rumah gunting rambut di Singapura.

Seperti dilansir dari Financial Times, masa lalu Sam Pa memang tidak terekam dengan lengkap. Dia diperkirakan lahir di Cina pada 1958 dan pindah ke Hong Kong saat masih anak-anak. Meski berkebangsaan Cina, Sam Pa juga memegang kartu warga negara . Dia memiliki dua anak.
Seluruh kepemilikan bisnis Sam Pa digawangi dua perusahaan utama, yakni China Sonangol yang khusus untuk perusahaan minyak dan China International Fund yang bergerak di bidang infrastruktur. Financial Times menyebutkan operasi multinasional Sam Pa merupakan sebuah gerakan "hantu" dan "kerajaan neraka".

Kerajaan bisnis ini memiliki yayasan di Afrika, di mana gedung pencakar langit Luanda berfungsi sebagai pusat kantornya. Sam Pa tidak terdaftar sebagai pemegang saham atau direktur dari setiap perusahaan Queensway. Tapi dia bertindak sebagai wakil jaringan dalam pertemuan dengan presiden, syekh, dan konglomerat.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

Sumber: tempo.co.id

 

sumber : tempo.co.id

Berita Terkait

Bangsaonline Video