​Jadi Inspektur Upacara Sumpah Pemuda, Gubernur Khofifah Jabat Tangan Komandan Upacara Asal Jayapura | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Jadi Inspektur Upacara Sumpah Pemuda, Khofifah Jabat Tangan Komandan Upacara Asal Jayapura

Editor: MMA
Senin, 28 Oktober 2019 18:21 WIB

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Pawasansa saat menjabat tangan Pascha Mosard A Wanaha, pemuda asal Jayapura, yang menjadi komandan upacara Hari Sumpah Pemuda di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (28/10/2019). foto: Ist/ BANGSAONLINE.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ada pemandangan khusus dalam upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di halaman Gedung Negara Grahadi, Senin (28/10) pagi. Usai upacara berakhir, Gubernur yang saat itu menjadi inspektur upacara, turun podium dan menyalami komandan upacara yang sedang bertugas.

"Terima kasih, selamat upacara berjalan dengan lancar. Tugasmu menjaga damai bersaudara," ucap Gubernur saat bersalaman dengan pemuda yang bertugas di upacara peringatan . Keduanya pun sempat berdialog sejenak sebelum berkeliling menyapa para siswa paduan suara.

Pemuda yang disalami Gubernur tersebut bernama Pascha Mosard A Wanaha. Kini ia taruna Akademi Angkatan Laut Bumi Moro Krembangan Surabaya. Ia pemuda asal Jayapura yang lahir pada tanggal 22 Agustus 1997.

Pada upacara peringatan di Grahadi itu ia mendapat kepercayaan memimpin pasukan upacara peringatan .

Para petugas upacara di Grahadi Jawa Timur ini dipilih dari beberapa elemen. Semua elemen tersebut harus saling bersatu dalam menjalankan tugas sebagaimana merepresentasikan pesan persatuan yang esensi peringatan yang diikrarkan pada tanggal 28 Oktober 1928.

Para pemuda dari berbagai daerah itu mengikrarkan tiga sumpah. Yaitu bertanah air satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia dan berbahasa satu bahasa Indonesia.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video