​Sudah 15 Hektare Lahan Hutan di Taman Nasional Meru Betiri Hangus Terbakar | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Sudah 15 Hektare Lahan Hutan di Taman Nasional Meru Betiri Hangus Terbakar

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Yudi Indrawan
Kamis, 07 November 2019 10:34 WIB

Para petugas BPBD Kabupaten Jember sedang berusaha menjinakkan api menggunakan water spray.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Diketahui sejak Selasa (5/11) lalu, lahan hutan di Taman Nasional (TN) Meru Betiri dan PTPN 12 wilayah Kecamatan Tempurejo, Jember, Jawa Timur, mengalami kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). 

Total kurang lebih 15 hektare lahan yang terbakar, dan hingga hari ini masih terus dilakukan upaya pemadaman oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

Secara bertahap dan bergantian, untuk upaya memadamkan api BPBD Jember total mengirim 12 orang personelnya.

"Kebakaran itu awalnya hari Selasa kemarin, dan sudah menghabiskan 10 hektare lahan. Saat itu 8 personel berangkat. Kemudian kami tambah personelnya, total 12 orang, dan info terakhir sampai Rabu (6/11) malam, total sudah 15 hektare, masih terus meluas karena faktor angin dan banyaknya ranting-ranting kering," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Jember Heru Widagdo saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (7/11) pagi.

Untuk proses pemadaman juga ada beberapa kendala, kata Heru, selain dipengaruhi faktor angin sehingga api cepat meluas, juga karena jarak TKM (tempat kejadian musibah) dengan sumber air cukup jauh.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video