Grand Final Kejuaraan Nasional Oneprix IMC 2019 Putaran V di Surabaya

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
Jumat, 08 November 2019 20:17 WIB

Para pemenang Oneprix IMC 2019 putaran IV, Oktober lalu. foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kejuaraan Nasional Oneprix Indonesia Motorprix Championship memasuki putaran akhir pada seri perdananya tahun 2019. Ajang balap motor nasional yang merupakan kerja sama antara PT Oneprix Motorsport Manajemen (OMM), Ikatan Motor Indonesia (IMI), dan tvOne sebagai official broadcaster akan digelar pada Minggu, 10 November 2019 di Sirkuit Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Menjelang Kejuaraan Nasional Oneprix IMC Putaran 5, duka mendalam datang bagi seluruh pecinta Oneprix. Afridza Syach Munandar yang merupakan pembalap Oneprix kelas expert wafat setelah mengalami kecelakaan saat mengikuti ajang balap motor Asian Talent Cup (ATC) di Sirkuit Sepang, Malaysia, Sabtu, 2 November 2019 lalu.

Afridza merupakan pembalap dengan karier yang gemilang, termasuk di Kejuaraan Nasional Oneprix IMC 2019, ia berada di posisi kedua klasemen dengan 107 poin. "Innalillahi wa innailaihi rojiun. Kami turut berduka dan merasa kehilangan atas berpulangnya Afridza Syach. Alhamarhum merupakan pembalap yang sangat berprestasi. Pada Kejurnas Oneprix pun Alhamarhum sering kali naik podium, bahkan kandidat juara umum kelas expert seri 2019. Terima kasih sudah menjadi inpirasi bagi kita semua, semoga Allah subhanahu wa ta’ala menerima amal ibadah almarhum dan mendapat tempat terbaik di sisi Allah subhanahu wa ta’ala," ujar Direktur OMM Imam Sulistio kepada wartawan, Jumat (8/11).

Grand Final Kejuaraan Nasional Oneprix IMC 2019 masih dibuka untuk 3 kelas utama, yaitu Expert (Bebek 150cc Tune Up), Novice (Bebek 150cc Tune Up), Rookie (Bebek 150cc Standart).

OMM juga masih membuka kelas Expert Challenge untuk para riders yang belum berhasil masuk ke 24 grid di kelas Bebek 150cc Tune Up (Expert) dan kelas ECU Standard dengan usia maksimal 12 tahun.

"Grand Final Oneprix (Putaran 5) yang akan dilaksanakan di Sirkuit Gelora Bung Tomo adalah putaran terakhir Kejuaraan Nasional Oneprix IMC Seri 2019. Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Kota Surabaya yang telah memberikan dukungan penuh dan IMI Jatim atas kerja sama dalam mempersiapkan Oneprix Putaran 5. Kami juga berterima kasih kepada seluruh peserta Oneprix yang sudah berpartisipasi sejak putaran 1 dalam menyukseskan Oneprix tahun ini. Semoga putaran 5 yang juga bersamaan dengan hari pahlawan akan semakin menumbuhkan semangat pada peserta agar dapat memberikan yang terbaik," ujar Imam Sulistio.

Setelah melalui 4 putaran, pembalap dari ART Jogja Fitriansyah Kete memipin perolehan poin di kelas expert dengan 113 poin. Kemudian di urutan kedua Afridza Syach (Almarhum) dengan perolehan 107 poin, dan Reynaldi Pradana pembalap yang saat ini memegang Kartu Izin Start Kalimantan Timur, berada di posisi ketiga dengan 103 poin.

Selanjutnya pada kelas Novice, M. Robby alias Robby Sakera naik ke posisi pertama dengan 143 poin. Ia berhasil menggeser Aldias Aqsal, pembalap dari tim Yamaha Babarafi Semoga Abadi yang kini di posisi kedua dengan 127 poin. Posisi ketiga kelas Novice ditempati Wahyu Nugroho yang memperoleh 100 poin.

Pada kelas Rookie, Aldy Satya Mahendra masih yang terdepan dengan poin 169. Selanjutnya ada Radeta Arya Khafi dengan poin 145, dan Aditya Dwi Cahyadi dengan perolehan 81 poin di posisi ketiga. (hud/rev)