Surabaya Makin Cantik, Ribuan Pohon Tabebuya Bermekaran di Sepanjang Jalan Protokol | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Surabaya Makin Cantik, Ribuan Pohon Tabebuya Bermekaran di Sepanjang Jalan Protokol

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Arianto
Selasa, 19 November 2019 00:22 WIB

Pohon Tabebuya yang bermekaran di sepanjang jalan protokol menambah cantik pemandangan di Kota Surabaya.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Selama Bulan November, panorama Kota terlihat begitu cantik. Suasana kota semakin indah, seiring mulai bermekarannya Bunga Tabebuya yang berada di sepanjang ruas jalan protokol. Ada tiga spesies Bunga Tabebuya yang ditanam di pinggir jalan, yakni berwarna Putih, Kuning, dan Pink.

Kepala Bidang Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan Penerangan Jalan Umum (PJU) Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota , Hendri Setianto mengatakan, biasanya Bunga Tabebuya bermekaran sejak Bulan Oktober. Namun, tahun ini, kembang Tabebuya baru nampak di Bulan November.

“Tahun ini agak mundur, karena cuaca yang kurang bersahabat. Kemarin Oktober sudah mekar semua,” kata Hendri, Senin (18/11/2019).

Hendri mengungkapkan, Pemerintah Kota (Pemkot) menanam Tanaman Tabebuya di pinggir-pinggir jalan sejak 10 tahun lalu. Tiap tahun jumlahnya diperbanyak, dan hingga kini sedikitnya 7 ribu tanaman Tabebuya berdiri di sepanjang ruas jalan protokol.

Menurutnya, alasan Pemkot memilih tanaman Tabebuya di tanam di pinggir jalan, karena dari segi kualitas bunganya menarik, dan nya cepat tumbuh besar. Di sisi lain, tanaman tersebut tetap tumbuh dengan baik terhadap iklim apapun.

“Untuk perawatan, gak ada kesulitan. Empat bulan sekali kita kasih pupuk,” ujarnya.

Untuk kegiatan perawatan, Hendri mengaku hanya melakukan penyiraman dan memberikan pupuk secara reguler. Pupuk yang digunakan adalah pupuk organik yang dihasilkan dari proses pengomposan sampah.

“Dari kegiatan perantingan , kita manfaatkan untuk kompos. Untuk tanaman-tanaman yang ada di taman, kita sudah kurangi penggunaan pupuk kimia, beralih ke organik,” terang Hendri.

Ia menyebut, di tahun 2020, Pemkot menambah sekitar 500 Tabebuya. Tanaman Tabebuya yang ditanam berdiameter 8-10 centimeter dengan ketinggian 3 meter. Pohon yang ditanam rata-rata sudah berusia 4 tahun ke atas.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Surabaya pohon

Berita Terkait

Bangsaonline Video