Pertamax atau Premium, Mana Yang Lebih Hemat? | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pertamax atau Premium, Mana Yang Lebih Hemat?

Selasa, 09 Desember 2014 23:37 WIB

foto: baranews.co

BangsaOnline.com - Kenaikan bersubsidi beberapa waktu lalu (17/11/2014) memberikan berbagai respon positif maupun negatif dari masyarakat. Harga naik Rp 2.000 dari Rp 6.500 menjadi Rp 8.500 per liter dan berlaku sejak 18 November 2014. Kini, selisih harga Premium dengan tidak begitu jauh, hanya terpaut Rp 1.700. Lalu, manakah yang lebih baik digunakan, dan Premium?

Sebenarnya, nilai oktan RON 88 atau Premium kurang direkomendasikan pada mesin mobil dengan teknologi yang sudah maju dan memiliki kompresi tinggi. Penggunaan bensin dengan nilai oktan di bawah RON 90 dapat memberikan efek samping. Antara lain di ruang bakar dan piston yang dikotori kerak sisa pembakaran, serta kotoran menumpuk di oksigen sensor dan catalytic converter di saluran knalpot.

Mobil yang telah dilengkapi dengan beragam teknologi canggih seperti katup variabel atau sistem injeksi, membutuhkan bahan bakar dengan oktan tinggi dan fungsi detergensi yang baik. Untuk itu, pemilihan bahan bakar yang tepat perlu dilakukan. Bahan bakar yang tepat membuat proses peledakan di ruang mesin lebih sempurna sehingga mesin mampu bekerja efisien.

Aplikasi bahan bakar berkualitas tinggi seperti membuat pembakaran mesin menjadi lebih sempurna, karena dibekali sejumlah teknologi tinggi.

mengandung detergency yang berfungsi membersihkan ruang mesin dan klep di ruang bakar. Untuk menjaga kemurnian terhadap air, juga memiliki kandungan aditif Demusifier yang bersifat ‘keep clean and clean up’. Zat aditif ini berfungsi menyempurnakan proses kimia dalam pembakaran, membersihkan mesin dari semua timbunan kotoran mencegah korosi pada saluran dan tangki bensin serta meningkatkan kinerja mesin.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

Sumber: baranews.co

 

sumber : baranews.co

Berita Terkait

Bangsaonline Video