Unipa Serahkan Mesin Penggoreng Kerupuk ke Desa Grabakan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Unipa Serahkan Mesin Penggoreng Kerupuk ke Desa Grabakan

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Devi Fitri
Kamis, 12 Desember 2019 23:44 WIB

Prosesi penyerahan kerupuk melarat dari Unipa Surabaya.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pengusaha penggorengan kerupuk melarat atau pasir di Desa Garabagan, Kecamatan Tulangan masih menggunakan mesin penggoreng manual atau tenaga manusia. Akibatnya, kuantitas penggorengan terbatas hanya 20 kg per hari karena kelelahan dan panas.

Selain itu, membutuhkan waktu 2 jam. Sedangkan permintaan pasar sangat banyak. Penggorengan kerupuk biasanya dilakukan hanya 2 hari sekali.

Melalui program diseminasi produk teknologi dan pengabdian kepada masyarakat diharapkan memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh UKM Penggorengan Kerupuk tersebut. Program ini merupakan hasil kerja sama antara Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya dengan Direktorat Jenderal Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Kemenristekdikti.

Produk teknologi yang diserahkan oleh Ketua Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Ir. Rony Haendra Rahwanto Fora, MT. didampingi oleh anggota tim Atmiasri, ST. MT. dan Linda Dwi Rohmadiani, ST. MT. Alat tersebut berupa mesin penggoreng kerupuk elektrik menggunakan pasir. Mesin ini mudah dikuasai dan dikembangkan oleh masyarakat desa.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video