RCL Kota Batu Sulap Sampah Popok Jadi Miniatur Binatang | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

RCL Kota Batu Sulap Sampah Popok Jadi Miniatur Binatang

Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Agus Salimullah
Senin, 16 Desember 2019 10:36 WIB

Berkat kreativitas Rudi, sampah popok bayi tersebut dia sulap menjadi miniatur sejumlah binatang seperti menjangan, itik. Ada juga miniatur bonsai dan pot tanaman hias.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Kata itulah yang pantas menggambarkan sosok Rudi Eko Prasetyo, Ketua Relawan Cinta Lingkungan (RCL) yang menyulap sampah popok bayi menjadi barang berharga.

Berkat kreativitasnya, bayi tersebut ia sulap menjadi miniatur sejumlah binatang seperti menjangan dan itik. Ada juga miniatur bonsai dan dibuat pot tanaman hias dan sayuran.

"Kreasi ini berangkat dari persoalan sampah, khususnya jenis popok yang sangat berbahaya bagi lingkungan jika dibuang sembarangan. Sebab, sampah jenis ini bisa hancur dalam jangka waktu lama, bisa seratus tahun. Daripada mengganggu lingkungan, akhirnya saya mencari ide untuk memanfaatkannya menjadi barang berharga," ujar Rudi kepada BANGSAONLINE.com, Senin (16/12).

Dijelaskan, proses daur ulang ini sudah berlangsung 2 tahun. Awalnya, yang didaur ulang adalah bahan baku handuk, selimput bekas. Namun, akhirnya ia beralih ke popok bayi karena bahan bakunya lebih mudah. Pihaknya sudah bekerja sama dengan PKK, Posyandu, dan bank sampah yang sudah ada di tiap desa dan kelurahan di .

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video