Pembangunan Masjid Bersejarah Peninggalan Bupati Mojokerto RAA Kromojoyo Segera Rampung | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pembangunan Masjid Bersejarah Peninggalan Bupati Mojokerto RAA Kromojoyo Segera Rampung

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Rochmad Saiful Aris
Kamis, 02 Januari 2020 22:04 WIB

Nampak pilar sooko guru masjid dan pembangunannya.

SIDOARJO, BANGASONLINE.com - Pembangunan maupun rehab masjid bersejarah peninggalan era Bupati Mojokerto RAA Kromojoyo Adinegoro masa tahun 1877 segera rampung. Masjid yang terletak di Jalan KH Hasyim Asy’ari 1, Kauman, Alun-alun Kota Mojokerto yang sekarang diberi nama Masjid Agung Al Fattah merupakan tempat ibadah umat Muslim tertua di Mojokerto.

Saat ini, pembangunan masjid tersebut sudah mencapai 95 persen. Keindahan arsitektural tampak pada bagian dalam interior masjid. Yakni terdapat empat soko guru atau tiang penyangga setinggi 20 meter tanpa sambungan yang sampai sekarang masih kokoh berdiri sebagai saksi sejarah. Kayunya didapatkan dari Hutan Jabung.

Soko Guru di sebelah Barat Daya merupakan wakaf dari Mbok Rondo Dadapan yang tinggal di Kecamatan Jetis. Seorang pengusaha perempuan pada waktu itu. Tampilan eksterior berupa kubah Stupa Limasan merupakan ide dari Raden Aeresedan.

Ketua pelaksana pembangunan pembangunan Masjid Agung Al-Fattah Kota Mojokerto Sudarno mengatakan. bahwa pembanguan masjid terus mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kota Mojokerto. Masjid Agung Al-Fattah terletak di sebelah barat Alun-alun Kota Mojokerto.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video