Soal Orang Asing Pimpin BUMN, Rizal Ramli Kecam Menteri Rini Mental Irlander | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Soal Orang Asing Pimpin BUMN, Rizal Ramli Kecam Menteri Rini Mental Irlander

Selasa, 16 Desember 2014 16:23 WIB

Rizal Ramli. foto: sayangi.com

BangsaOnline-Rencana Rini Soemarno merekrut orang asing menjadi direksi di BUMN menunjukan Menteri BUMN itu bermental inlander. Alasan Rini warga negara asing dapat membawa BUMN cepat mengibarkan bendera ke pasar internasional tak bisa diterima.

Ekonom senior DR mengatakan ada banyak kader bangsa yang memiliki kemampuan untuk bisa membawa BUMN maju ke pasar internasional. Persoalannya, mental inlander yang pertama kali harus dihilangkan.

Menurut Rizal, langkah Rini itu bertentangan dengan undang-undang ketenagakerjaan. Rini harus ingat bahwa dalam undang-undang tersebut jelas-jelas diatur mengenai pembatasan tenaga kerja asing (TKA).

"Pasal 46 UU No 13/2003 tentang Ketenagakerjaan menyebut TKA dilarang menduduki jabatan yang mengurusi personalia dan atau jabatan tertentu," jelas dia.

Bahkan, kata dia, Rini juga harus ingat bahwa tenaga kerja asing yang bekerja di perusahaan pengeboran minyak dan gas bumi, misalnya, memiliki pembatasan-pembatasan lain yang lebih spesifik terkait jabatan atau kedudukan tertentu yang diperbolehkan untuk diduduki oleh mereka.

RR, demikian Menteri Koordinator bidang Perekonomian era Pemerintahan Abdurrahman Wahid ini disapa, juga mengingatkan Rini dan pejabat lainnya untuk menghilangkan watak inlander. Rini harus punya rasa percaya diri sebagai sebuah bangsa, dan tidak memandang bangsa lain jauh lebih hebat.

"Janganlah bermental inlander," demikian harapan Rizal.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

Sumber: rmol.com

 

sumber : rmol.com

 Tag:   Rizal Ramli

Berita Terkait

Bangsaonline Video