​Inilah Kebiasan Gus Sholah: Mengeliping Koran Sendiri Tiap Pagi Hari...! | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Inilah Kebiasan Gus Sholah: Mengeliping Koran Sendiri Tiap Pagi Hari...!

Editor: MA
Selasa, 18 Februari 2020 19:08 WIB

Ir KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah) bersama istri tercintanya, Nyai Farida Salahuddin Wahid, duduk santai di teras rumahnya bagian dalam di Pesantren Tebuireng Jombang Jawa Timur. Foto: istimewa.

JOMBANG, BANGSOANLINE.com - Meski menjadi tokoh nasional dan sangat dihormati banyak pihak, tapi Ir KH Salahuddin Wahid () tetap terbiasa hidup sederhana. Pengasuh Pesantren itu semasa hidupnya tiap hari mengeliping Koran sendiri. Padahal pekerjaan remeh itu bisa saja diperintahkan kepada ajudan atau santrinya yang puluhan ribu.

“Iya, menggunting sendiri, mengeliping sendiri,” tutur Nyai Farida Salahuddin Wahid, istri tercinta , kepada BANGSAONLINE.com suatu ketika.

 (Ustadz Amin Zaen membantu memakai jas. foto: istimewa)

Kebiasaan mengeliping koran ini tampaknya konsekuensi logis dari kreativitas dan produktivitasnya sebagai penulis. Seorang penulis umumnya, selain rajin membaca juga rajin mengeliping koran untuk dokumentasi yang sewaktu-waktu bisa dijadikan referensi.

Tapi kenapa mengeliping sendiri? “Karena beliau yang paham mana yang penting dan yang tidak,” kata Ustdaz Amin Zein, ajudan kepada BANGSAONLINE.com. “Kalaupun beliau ada di Jakarta, maka kamilah yang dipandu untuk mengeliping sesuai dengan arahan Abah Yai,” tutur Amin Zaen.

(Kliping koran HARIAN BANGSA, salah satu koran bacaan dan Nyai Farida Salahuddin Wahid. foto: istimewa) 

tinggal di kediamannya di bagian belakang Pesantren . Rumah yang baru dibangun itu dekat Maqbarah Masyayikh. Semula Gus Sholah tinggal di nDalem Kasepuhan Pesantren yang terletak di sebelah utara masjid Pesantren .

Namun pada 2016 menyerahkan posisinya sebagai pengasuh Pesantren kepada KH Abdul Hakim yang akrab dipanggil Gus Kikin. Memang tetap aktif sebagai pengasuh Pesantren , tapi mantan ketua PBNU itu pindah ke rumah pribadinya yaitu di bagian belakang komplek Pesantren .

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video