Forikan Jatim Pecahkan Rekor Muri Penyajian 3.000 Cup Dawet Lele | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Forikan Jatim Pecahkan Rekor Muri Penyajian 3.000 Cup Dawet Lele

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Selasa, 25 Februari 2020 14:27 WIB

Ariani Siregar mewakili Ketua Umum Muri Jaya Suprana, menyerahkan piagam penghargaan kepada pemrakarsa penyelenggara, Ketua Forikan Provinsi Jawa Timur, Arumi Emil Dardak, disaksikan oleh Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Istri Wakil Gubernur Jawa Timur yang juga Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Provinsi Jawa Timur, Arumi Emil Dardak, Selasa (25/2/2020), menghadiri acara Pemecahan Rekor Muri Penyajian 3.000 Cup Dawet Lele di Desa Pranggang, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten .

Dalam sambutannya, Arumi menjelaskan bahwa ikan lele termasuk ikan yang banyak mengadung gizi dan protein, sehingga sangat baik bila diberikan kepada anak-anak yang dalam masa perkembangan. "Tapi jujur, saya gak kebayang lele dijadikan dawet. Berarti sangat istimewa. Dawet pasti disukai oleh anak-anak," kata Arumi, Selasa (25/2/2020).

Menurut Arumi, mengonsumsi ikan sangat dianjurkan, karena ikan memiliki protein tinggi termasuk mengandung Omega 3. Ikan patin, misalnya, sangat baik untuk menguatkan jantung. Apalagi, protein dalam ikan mudah diserap oleh tubuh.

Arumi berharap, kebiasaan makan ikan lebih disosialisasikan ke masyarakat. Karena ikan sangat bergizi. Lebih-lebih berdasarkan indeks rata-rata makan ikan per tahun, di Jawa Timur ini termasuk masih rendah.

"Perlu diketahui, konsumsi makan ikan secara nasional itu 50,69 kg/orang/tahun. Sedangkan untuk Jawa Timur adalah 36 kg/orang/tahun, dan untuk Kabupaten malah hanya 18 kg/orang/tahun. Jadi kebiasaan makan ikan di Indonesia itu masih rendah, jika dibandingkan dengan penduduk Jepang yang bisa mencapai 70 kg/orang/tahunnya," terang Arumi.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video