MKKS Wali Songo: Guru Harus Dapat Memberikan Inspirasi di Era Industri 4.0

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Ahmad Fauzi
Sabtu, 07 Maret 2020 14:30 WIB

Dr. Jumino, M.M., M.Pd. saat memberikan materi dengan tema pendidikan di era industri 4.0.

BANGKALAN, BANGSAONELINE.com - Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Wali Songo menggelar seminar internasional bertema "Pendidikan di Era Industri 4.0 bertempat di Aula STKIP Bangkalan, Sabtu (6/3). Dalam kegiatan ini, MKKS Wali Songo juga me-launching Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Mandiri.

Ketua MKKS Bangkalan Muhmidun Syukur, S.Ag yang menghadiri menjelaskan dampak era digital disrupsi di bidang pendidikan.

"Revolusi industri menyebabkan perubahan anak didik di era melenial. Karena di era digital, masih banyak guru punya penyakit tidak paham komputer guru. Oleh karena itu, penting tenaga pendidikan di Era Industri 4.0 mengubah paradigma pembelajaran. Dalam pembelajaran, guru harus penuh dengan inovatif, kreatif demi peningkatan pendidikan karena guru sebagai ujung tombak, guru adalah pondasi pencerdasan anak didik," paparnya

Sementara Dr. Jumino, M.M., M.Pd. sebagai narasumber memaparkan peran guru di era industri 4.0. Yakni, harus mampu memanfaatkan proses pembelajaran yang berbasis kecanggihan teknologi.

"Seorang guru perlu mengubah paradigma pembelajaran saat ini yang lebih kepada pengembangan anak didik yang disesuaikan dengan zaman siswa di era industri 4.0. Jangan sampai guru mengajar dengan industri 1.0 , karena anak didik kita sudah kritis," katanya.

"Anak-anak kita dibekali dengan pembelajaran yang penuh kreativitas dapat menciptakan yang baru. Kalobarasi serta konfiden yang berbasiskan kepada karakter, literasi, dan kompetensi," beber Jumino yang juga Korwas SMP Kabupaten Bangkalan. (uzi/ns)