Buah Apel Diserang Mata Ayam, Dinas Pertanian Lakukan Pendampingan Petani | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Buah Apel Diserang Mata Ayam, Dinas Pertanian Lakukan Pendampingan Petani

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Agus Salimullah
Selasa, 10 Maret 2020 20:53 WIB

Penyakit mata ayam pada apel, dan Kepala Dinas Pertanian Sugeng Pramono.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Penyakit mata ayam dan busuk buah yang menyerang buah apel di wilayah Kota Batu akhir-akhir ini, mendapat perhatian serius Dinas Pertanian Kota Batu.

Kepala Dinas Pertanian, Sugeng Pramono mengungkapkan, mulai Februari kemarin, pihaknya sudah keliling untuk melakukan pembersihan kebun-kebun apel dibantu Kelompok Tani (poktan) bersama staf dinas.

"Tujuan pembersihan kebun apel itu supaya sanitasi kebun lebih baik dan melakukan pengurangan ranting, supaya sinar matahari bisa lebih banyak masuk. Setelah kebun bersih dan sanitasinya cukup baik, maka kita lakukan penyemprotan agensi hayati dan pemberian PGPR. Setelah satu minggu kita lakukan penyemprotan dengan fungisida dan satu minggu berikutnya kita lakukan pemberian agensi hayati dan PGPR kembali," ujar Sugeng Pramono kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (10/3).

Selain langkah tersebut, Dinas Pertanian juga membuatkan demplot di wilayah yang terserang mata ayam, serta melakukan sosialisasi melalui media elektronik (ATV) dan melalui PPL di masing-masing wilayah. Terakhir, Dinas Pertanian terus melakukan monitoring perkembangan penyakit tersebut.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   pertanian batu

Berita Terkait

Bangsaonline Video