​Korban Covid-19 Bertambah, Besok Malam Kiai Asep Salat Malam-Istighatsah Online Lagi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Korban Covid-19 Bertambah, Besok Malam Kiai Asep Salat Malam-Istighatsah Online Lagi

Editor: MA
Rabu, 15 April 2020 10:17 WIB

Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim jadi imam salat hajat di kediaman Gus Bara di lingkungan Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya, Rabu (8/4/2020). foto: MA/ bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MAg, kembali akan menggelar salat malam dan istighatsah online pada Kamis (16/4/2020) malam Jumat. Munajat itu untuk memohon kepada Allah SWT agar virus corona atau covid-19 segera dilenyapkan dari bumi Indonesia dan semua Negara di dunia. Ritual keagamaan itu akan dimulai pukul 18.00 WIB hingga selesai di Pondok Pesatren Amanatul Ummah Jalan Silawankerto Utara Surabaya.

“Kita salat malam dan istighatsah bersama sembilan kiai yang akan diikuti ratusan bahkan ribuan jamaah dari rumah masing-masing di seluruh Jawa Timur, belahan wilayah lain Indonesia dan bahkan di luar negeri,” kata Kiai Asep Saifuddin Chalim kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (15/4/2020).

Menurut dia, salat malam dan istighotsah tak boleh jadi seremonial, tapi harus dilakukan dengan hati yang tulus ikhlas, sehingga diterima oleh Allah SWT. Karena itu Kiai Asep bertekad untuk terus melakukan salat malam dan istighatsah secara istiqamah atau kontinyu setiap Kamis malam sampai covid-19 lenyap dari bumi Indonesia dan negara-negara lain.

Kenapa harus malam Jumat? Kiai Asep menyitir Hadits yang artinya, ada lima malam yang sangat istijabah untuk doa. Yaitu malam Idul Fitri, malam Idul Adha, malam tanggal 1 Rajab, malam tanggal 15 Sya'ban (Nisfu Sya'ban) dan malam Jumat.  

Ia mengajak masyarakat untuk bersama-sama melakukan salat malam dan istighatsah ini lewat chanel youtube dari rumahnya masing-masing. Menurut Kiai Asep, munajat untuk mengusir covid-19 itu harus dilakukan secara kontinyu dan istiqamah. “Amalan yang baik adalah istiqamah, meski sedikit,” kata putra pendiri NU KH Abdul Chalim Leuwimunding yang Ketua Umum Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) itu.

Rencananya, Kiai Asep juga akan membagi sembako kepada warga tak mampu yang terdampak secara sosial ekonomi covid-19. Namun kali ini ia akan membagikan sembako kepada warga Mojokerto, bukan warga Surabaya seperti sebelumnya.

Seperti diberitakan BANGSAONLINE.com, pada malam Nisfu Sya’ban, Kiai Asep memimpin munajat para kiai di kediaman Gus Bara, di lingkungan Pondok Pesantren Amanatul Ummah Jalan Siwalankerto Utara Surabaya, Rabu (8/4/2020) malam. Mereka bermunajat memohon dengan khusu' agar virus corona atau covid-19 diangkat dan dilenyapkan oleh Allah SWT.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video