Ratusan Santri dan Ulama NU Bondowoso Gelar Haul Gus Dur Ke-5 | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Ratusan Santri dan Ulama NU Bondowoso Gelar Haul Gus Dur Ke-5

Editor: Revol
Wartawan: Sugiyanto
Kamis, 01 Januari 2015 19:33 WIB

Mas'ud Adnan selaku pimpinan Harian Bangsa saat menjadi narasumber dalam acara haul Gus Dur ke-5. foto: Sugiyanto/Harian Bangsa

BONDOWOSO (BangsaOnline) - KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur adalah sosok tokoh Indonesia dan Nahdlatul Ulama (NU) yang menjadi panutan semua umat yang ada ditanah air, sehingga sejak kepergiannya selalu dikenang gagasan dan pemikirannya.

Atas dasar itulah hampir semua lapisan masyarakat mulai dari sabang sampai merauke memperingati hari wafat (haul) presiden keempat Indonesia itu selalu dihadiri ratusan orang bahkan hingga ribuan orang dari berbagai kalangan dan sejumlah tokoh.

Sehingga tak heran jika di kalangan umat NU, Gus Dur dianggap lebih dari sekedar manusia biasa. Sebab semasa hidupnya, beliau dipandang sebagai sosok manusia luar biasa, adalah sosok seorang 'Wali Allah' yang ke sepuluh oleh kalangan nahdiyin.

“Gusdur ini diakui oleh kalangan para ulama adalah wali yang kesepuluh, salah satu buktinya disaat para peziarah yang hendak berziarah ke makam wali songo, maka para peziarah akan mengakhiri ziarahnya di makam Gus Dur. Bukti lain adalah ketika para peziarah yang berkunjung ke makam Gus Dur saat melalukan pembacaan seperti tahlil, zdikir gusdur selalu disebut wali Allah dalam do’a para peziarah,” ujar Mas’ud Adnan saat menjadi pembicara saat acara Haul Gus Dur ke 5 di Masjid Kampus STAI AT-Taqwa Bondowoso yang di adakan oleh PC LP Ma’arif, PMII, IPNU, IPPNU Rabu malam (31/12).

Selain itu, Mas’ud juga menggambarkan kepemimpinan Gus Dur semasa beliau hidup baik dalam kepemimpinan di PBNU hingga menjadi orang nomor satu di negeri yang kita cintai ini. Mas'ud menjelaskan bahwa sosok Gus Dur adalah seorang pemimpin yang mengedepankan kepentingan umat. Dan beliau selalu membuat kebijakan yang mengakomodasi semua kepentingan untuk rakyat atau umat.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video