5 Hal yang Patut Ditunggu dari MotoGP 2015

Senin, 05 Januari 2015 20:00 WIB

Para pembalap MotoGP di GP Australia di sirkuit Phillip Island. foto: kompas.com

BangsaOnline - Persaingan MotoGP 2015 akan dimulai pada akhir Maret ini di Sirkuit Losail, Qatar. Sebelum mulai bersaing, para pebalap akan mendapat kesempatan menjalani sesi uji coba di Sirkuit Sepang, Malaysia, bulan depan.

Berikut ini lima hal menarik seputar MotoGP 2015.
Empat rookies
Maverick Vinales adalah satu-satunya rookie di tim pabrikan. Juara Dunia Moto3 2013 tersebut akan turun membela Suzuki yang tahun ini kembali ke MotoGP. Musim lalu, pebalap Spanyol tersebut turun di kelas Moto2 dan empat kali juara, di Austin, Aragon, Australia, dan Malaysia.

Rookie berikutnya adalah Jack Miller. Pebalap Australia tersebut naik langsung dari Moto3 ke MotoGP, tanpa turun di Moto2. Pebalap 19 tahun tersebut akan turun dengan motor open honda bersama tim LCR.

Dua rookie lainnya datang dari Superbike yaitu Eugene Laverty dan Loriz Baz. Seperti Miller, Laverty akan turun dengan motor open Honda, berdampingan dengan Nicky Hayden membela tim Aspar. Sementara Baz akan bergabung dengan Forward Yamaha.

Scott Redding dan Cal Crutchlow di tim satelit Honda
Dari semua pebalap yang turun dengan RCV1000R musim 2014, Redding adalah yang terbaik. Tahun ini, dia berhak turun dengan motor pabrikan, RCV213V.

Redding akan memperkuat Marc VDS yang merupakan debutan di MotoGP. Marc VDS bukanlah tim bari bagi Redding. Sebelumnya, dia telah memperkuat tim ini di Moto2 selama empat musim.

Sementara itu, Curtchlow akan kembali membalap untuk tim satelit setelah pada musim 2014 gagal bersinar bersama Ducati.

Kiprah Marc Marquez dan Valentino Rossi
Marquez dan Rossi yang merupakan dua pembalap teratas pada 2014 dan mereka sama-sama yakin akan membalap lebih baik pada musim 2015.

Musim lalu, Marquez mengawali musim tanpa bekal latihan yang cukup karena cedera kaki. Namun, pada akhir musim dia berhasil meraih gelar juara dunia keduanya.

Sementara itu, Rossi yang akan berusia 36 tahun saat menjalani musim ini, punya keyakinan akan membalap lebih baik bersama kepala krunya saat ini, Silvano Galbusera.

Seberapa bagus motor open Honda yang baru?
Motor open Honda tahun lalu mengecewakan. Ketika pesaingnya berhasil naik podium dan juga meraih pole position lewat Aleix Espargaro di tim Forward Yamaha, RCV1000R hanya meraih hasil terbaik dengan finis ketujuh.

Tahun ini, Honda menjanjikan motor open yang lebih baik yaitu RC213V-RS. Motor ini tidak akan dilengkapi seamless gearbox seperti pada motor pabrikan.

Bagaimana kiprah Suzuki dan Aprilia?
Suzuki dan Aprilia kembali ke MotoGP musim ini. Mereka akan turun dengan fasilitas sama seperti Ducati musim lalu, bisa mengakses keuntungan yang dimiliki motor open. Kedua pendatang baru tersebut bisa mengembangkan mesin sepanjang musim ini berjalan.

 

sumber : kompas.com