Wabah Pandemi Covid-19 Turut Menyasar para Peternak Ikan di Kabupaten Kediri | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Wabah Pandemi Covid-19 Turut Menyasar para Peternak Ikan di Kabupaten Kediri

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
Minggu, 03 Mei 2020 14:54 WIB

Kelompok Budi Daya Ikan Lestari Abadi saat panen ikan patin.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Para perternak ikan di Kabupaten Kediri, ternyata juga merasakan dampak pandemi Covid-19. Contohnya, para peternak ikan patin dan gurami. Harga ikan patin sebelum wabah adalah Rp 16-17 ribu per kg, kini, tinggal Rp 13 ribu/kg. Kemudian, gurami sebelum pandemi bisa mencapai Rp 32 ribu/kg, kini setelah adanya pandemi Covid-19, menjadi Rp 21 ribu/kg.

Santoso, Ketua Kelompok Budi Daya Ikan (Pokdakan) Lestari Abadi Desa Setonorejo, Kecamatan Kras, Kabupaten Kediri menjelaskan bahwa turunnya harga tersebut karena pengiriman ikan terhambat oleh pembatasan-pembatasan jalan masuk ke kota-kota tujuan (PSBB, Red) akibat Covid-19.

"Kami menjual ikan hasil panen kepada tengkulak, lha tengkulak ini biasanya menjual ikan ke pasar dan rumah makan di kota seperti Surabaya," kata Santoso, Minggu (3/5/2020).

"Karena banyak rumah makan yang tutup dan akses jalan yang juga tertutup, akhirnya para tengkulak menjualnya ke pasar lokal Kediri saja. Makanya jadi turun," tambah Santoso.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video