Batu 'Semar' 200 Ton Akhirnya Tiba di Alun-Alun Bojonegoro | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Batu 'Semar' 200 Ton Akhirnya Tiba di Alun-Alun Bojonegoro

Editor: Revol
Wartawan: Eky Nur Hadi
Rabu, 07 Januari 2015 16:44 WIB

Batu alami berbentuk tokoh wayang Semar akan tiba di Alun-alun Bojonegoro, rencananya batu itu akan digunakan prasasti Alun-alun. Foto: Eky Nurhadi/BangsaOnline.com.

BOJONEGORO (BangsaOnline) - Setelah dilakukan evakuasi selama beberapa minggu, Batu alami dari hutan di Kecamatan Gondang tiba di Alun-alun Kota Bojonegoro. Batu alami seberat 200 ton lebih itu rencananya akan digunakan prasasti Alun-alun.

Bupati Bojonegoro, Suyoto mengatakan, batu tersebut akan ditempatkan di Alun-alun sisi timur atau tepat didepan pintu masuk Pendapa Pemkab setempat. Batu yang dinamai Semar itu menurut Suyoto akan digunakan sebagai prasasti Alun-alun dengan nama "Tekad untuk Terus Berkarya".

"Kami berharap Batu tersebut menjadi ikon Kota Bojonegoro, batu itu kami beri slogan Tekad untuk Terus Berkarya," jelas pria yang akrab disapa Kang Yoto, Rabu (7/1/2015).

Batu alami seberat 200 ton lebih itu dari kawasan hutan yang ada di Desa Sambongrejo, Kecamatan Gondang, Bojonegoro. Menurut warga sekitar, batu yang sebelumnya berada disisi jalan raya Sukun, Desa Sambongrejo, Kecamatan Gondang itu dengan sebutan batu Semar.

Alasannya, kondisi batu tersebut bentuknya hampir mirip dengan tokoh wayang semar. Namun para warga sekitar tidak mengetahui secara pasti mitos dari batu tersebut kenapa diberi nama Batu Semar. "Tidak tahu kenapa disebut dengan nama sebutan itu (batu Semar,red)," kata warga Sambongrejo, Joko (34).

Batu semar itu saat ini sudah berhasil di bawa ke Alun-alun dengan diangkut menggunakan truk besar. Rencananya, batu itu akan ditanam sekitar setengah meter ke dalam tanah agar tidak bisa goyah.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video