​Abdimas PKDes Umsida Bantu Warga Ubah Air Jernih Jadi Air Minum | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Abdimas PKDes Umsida Bantu Warga Ubah Air Jernih Jadi Air Minum

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Catur Andy
Jumat, 08 Mei 2020 15:59 WIB

Warga Desa Sumber Gedang sedang mencoba air yang sudah bersih dan sehat siap minum.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Sumber Gedang adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur. Letaknya sangat strategis dan sejuk, karena berada di kaki gunung Penanggungan dengan ketinggian 300 meter di atas permukaan air laut serta suhu rata-rata 27°C.

Sehingga kondisi yang sementinya bisa memberikan potensi-potensi yang positif, khususnya sumber-sumber mata air yang mengalir dari sungai yang jernih dan melimpah.

Namun demikian, keberadaan air jernih di Desa Sumber Gedang selama ini sebagian besar hanya dipakai untuk pengairan sawah. Padahal kuantitas dan kualitas airnya cukup melimpah dan jernih, sehingga apabila dioptimalkan dengan cara diolah menjadi air sehat yang siap minum, maka akan berdampak positif terhadap perekonomian desa setempat.

Kondisi ini menginspirasi Tim Abdimas PKDes (Program Kemitraan Desa) yakni Dr. Prantasi Harmi Tjahjanti, S.Si.,MT, Dosen Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) bersama dengan rekan-rekan kerjanya dari Teknik Mesin, Iswanto, ST., M.MT, A'rasy Fahruddin, ST., MT., dan Teknik Industri Umsida, Ir. Wiwik Sumarmi,MT. membantu warga mengoptimalkan air-air jernih tersebut diubah menjadi air sehat yang siap minum.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video