Tanya Jawab: Shohih-kah Hadis Orang Puasa Tidur Itu Ibadah? | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tanya Jawab: Shohih-kah Hadis Orang Puasa Tidur Itu Ibadah?

Editor: Abdurrahman Ubaidah
Senin, 11 Mei 2020 10:17 WIB

Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.

>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<<

Tanya:

Assalamu alaikum wr wb. Pak Kiai, apakah hadis yang menyebutkan bahwa tidur pada waktu puasa itu merupakan ibadah adalah hadis shahih? Mohon penjelasannya, sebelumnya terima kasih. (Fikri, Tempeh, Lumajang)

Jawab:

Memang terdapat hadis yang berbunyi seperti itu, dan secara lengkap hadis itu dilaporkan oleh Abdullah bin Abi Aufa al-Aslami bahwasanya Rasul bersabda:

“Tidurnya orang puasa itu ibadah, diamnya itu tasbih, doanya pasti dikabulkan dan amal kebaikannya dilipatgandakan”. (Hr. Baihaqi:3939)

Hadis ini diriwayatkan oleh Imam Baihaqi dalam kitabnya Syuab al-Iman. Dan beliau pada saat menuliskan hadis ini juga mengomentarinya bahwa hadis ini hukumnya dha’if. Sebab setelah beliau menuliskan hadis tersebut secara lengkap dengan sanadnya, beliau berkomentar dengan kata-kata:

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video