Ngebet Beli Sandal Buat Lebaran, Warga Wonoasih Kota Probolinggo Gasak HP Tetangga

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Andi Sirajudin
Senin, 11 Mei 2020 20:22 WIB

Kasatreskrim Polres Probolinggo Kota saat merilis tersangka pencurian HP di rumah seorang takmir masjid.

KOTA PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Deni Bin Sunarjo (19), warga Jalan Langsep, Kelurahan Pakistaji, Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo ini harus meringkuk di sel tahanan Mapolres Probolinggo dan menikmati puasanya di balik jeruji besi.

Hanya karena butuh uang untuk lebaran, ia nekat mencuri uang dan handphone milik tetangganya bernama Taufik yang juga merupakan Takmir Masjid Nurul Huda di kelurahan setempat.

Deni menyatroni rumah Taufik di saat korban sedang melakukan Salat Tarawih di masjid setempat. Pelaku mencongkel jendela rumah korban dan membawa kabur uang tunai senilai Rp 4.800.000,- dan 2 buah HP merek Oppo dan Samsung.

Kasatreskrim Polres Probolinggo Kota, AKP Heri Sugiono menegaskan, pelaku ditangkap Minggu (10/5) malam di warung kopi di kelurahan setempat.

Dari tangan pelaku, polisi berhasil mengamankan 2 buah dosbook HP merek Samsung JZ Pro dan Oppo, serta uang tunai. Penangkapan pelaku berawal dari laporan korban jika rumahnya telah terjadi pencurian.

"Korban mengalami kerugian sekitar Rp 6,5 juta, dan pelaku menjual hasil curiannya secara online. Terungkapnya dari penjualan itu," ujar AKP Heri.

Tidak hanya itu, AKP Heri menegaskan, jika uang hasil curiannya dibelikan sandal yang rencananya mau dipakai untuk hari raya.

"Pelaku pertama kali melakukan pencurian ini. Terungkapnya kasus ini setelah kami melakukan patroli siber. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka kami lakukan penahanan dan pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara," tegasnya. (ndi/ian)