Tafsir Al-Kahfi 21: Kuburan Dijadikan Masjid (?) | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tafsir Al-Kahfi 21: Kuburan Dijadikan Masjid (?)

Editor: Redaksi
Selasa, 26 Mei 2020 23:22 WIB

Ilustrasi.

Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*

21. Unzhur kayfa fadhdhalnaa ba’dhahum ‘alaa ba’dhin walal-aakhiratu akbaru darajaatin wa-akbaru tafdhiilaan

Perhatikanlah bagaimana Kami melebihkan sebagian mereka atas sebagian (yang lain). Dan kehidupan akhirat lebih tinggi derajatnya dan lebih besar keutamaan.

TAFSIR AKTUAL

Setelah identitas para pemuda goa terbongkar, lalu mereka meninggal, masyarakat menghormat dan memuliakan mereka. Raja yang waktu itu seiman dengan para pemuda goa sangat antusias dan bermaksud mengubur mereka dalam peti emas.

Belum sempat terlaksana, malam harinya sang raja bermimpi kedatangan laki-laki misterius yang datang melarang, "Jangan kau lakukan itu". Pagi hari, instruksi digagalkan dan menyuruh mengubur mereka biasa saja, langsung bersentuhan dengan tanah. "Kita berasal dari tanah, maka sewajarnya kembali ke tanah," ujar sang Raja.

Setelah ashab al-kahfi dikubur dan masyarakat menghormat sesuai tradisi, lalu dibangun masjid, "lanattakhidzann alaihim masjida". Disinyalir masjid itu dibangun di atas kuburan mereka dan itu biasa terjadi pada zaman dulu.

Maksud membangun masjid di atas kuburan agar orang yang beribadah di masjid tersebut lebih mendekatkan diri dengan Tuhan, lebih ingat kematian, lebih meningkatkan ketaqwaan lewat orang-orang yang sudah mendahului dan kuburannya nyata ada di depan mata.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video