NU Jepang Dirikan Tiga Masjid, Suara Adzan-Sholawat Campur Suara Musik Night Club di Kabukicho ​ | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

NU Jepang Dirikan Tiga Masjid, Suara Adzan-Sholawat Campur Suara Musik Night Club di Kabukicho ​

Editor: MMA
Senin, 15 Juni 2020 13:23 WIB

Para aktivis NU di Jepang salat berjemaah di Masjid Al-Ikhlas yang dibangun PCINU. foto: ist/ bangsaonline.com

Oleh: Khariri Makmun

Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama () baru saja menggelar Halal Bihalal Virtual dengan mengundang seluruh alumni dari angkatan pertama hingga yang terakhir. Sejumlah alumni NU yang sudah berkiprah di tanah air seperti Dr. Anwar Sanusi (Sekjen Kementerian Desa) dan Dr. (Wagub Jawa Timur) turut hadir dan berbagi pengalaman dalam profesi masing-masing.

Ajang halal bihalal ini di samping memperkuat silaturahim juga sekaligus menjadi bahan refleksi NU yang sudah berusia 16 tahun.

Pada 12 Juni 2004, warga NU di mendeklarasikan berdirinya Komunitas Muda NU Nihon. Deklarasi NU di negeri Sakura itu dimotori oleh Khariri Makmun, Anwar Sanusi, Padang Wicaksono, Agus Zaenal Arifin, Faizul Ishom, Farid Ma'ruf, Edi Albanjari dan aktivis yang lain.

Deklarasi NU Nihon dipusatkan di ibu kota , Tokyo. Sejumlah aktivis dan warga NU dari kota-kota yang berdekatan dengan Tokyo, seperti Saitama, Kawasaki, Ibaraki, Yokohama tampak hadir bersama keluarga menghadiri acara deklarasi tersebut.

(Kharisi Makmun. Foto: ist/bangsaonline.com)

Deklarasi berlangsung meriah, meskipun hanya menggelar acara sederhana yaitu seminar dan memotong tumpeng.

Antusiasme warga NU terhadap pembentukan Komunitas Muda NU Nihon cukup besar. Acara pengajian online, dzikir tarekat, tahlil dan yasinan setiap malam Jumat digelar bergantian dari rumah ke rumah warga bergiliran, dari satu kota ke kota lainnya. Itulah gambaran betapa semangatnya warga nahdhiyyin menyambut berdirinya organisasi NU di Negeri Sakura. Bahkan saat itu sudah banyak juga warga muslim yang ikut aktif dalam kegiatan yang diselenggarakan NU .

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video