60 Pabrik Gula di Jatim Terancam Bangkrut | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

60 Pabrik Gula di Jatim Terancam Bangkrut

Editor: Revol
Wartawan: Diday
Selasa, 13 Januari 2015 00:40 WIB

Suasana Hearing Komisi B DPRD Jawa Timur dengan petani tebu, Disbun, Disdag, PTPN X dan XI serta AGRI, kemarin (12/1). foto: Diday/BangsaOnline

SURABAYA (BangsaOnline) - Puluhan pabrik gula yang ada di Jawa Timur diambang kebangkrutan. Terlebih jika pemerintah tidak segera mengambil keputusan untuk melindungi petani tebu. Mengingat saat ini gula petani yang menumpuk di sejumlah gudang milik X dan XI hingga mencapai 800 ribu ton. Namun gula-gula tidak dapat terserap di sejumlah wilayah di Indonesia dikarenakan merembesnya gula impor rafinasi.

Direktur Produksi XI Jatim, Burhan Chotib menegaskan saat ini gula petani telah menumpuk di sejumlah gudang milik dan tidak dapat terserap dibeberapa wilayah Indonesia Timur yang selama ini menjadi pelanggan gula Jatim. Ini tak lain disebabkan merembesnya gula rafinasi yang seharusnya untuk disuplai pada perusahaan makanan dan minuman (mamin).

‘’Kalau kondisi ini tetap dibiarkan oleh pemerintah, maka dapat dipastikan ada sekitar 60 pabrik gula yang ada di Jatim empat tahun mendatang akan gulung tikar akibat mengalami kebangkrutan. Ini karena pihak bank menolak memberikan kredit kepada petani, dan disatu sisi petani tidak mendapat uang karena gulanya tidak terjual di pasaran,’’ tegasnya saat hearing bersama Komisi B DPRD Jatim bersama para petani tebu di Jatim, Senin (12/1).

Terpisah, petani tebu yang tergabung dalam Asosiasi Petani Tebu Republik Indonesia (APTRI), Iswahyudi menuding jika ada oknum pengurus APTRI yang sengaja bermain mata dengan para importer gula rafinasi. Dimana oknum tersebut menyetujui adanya impor gula dengan imbalan Rp 7 miliar sebagai dana pembinaan bagi petani.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   PTPN Pabrik Gula

Berita Terkait

Bangsaonline Video