Pemkab Mojokerto Gelar Rapid Test Massal di Pasar Legi dan Pasar Sawahan

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Rochmad Aris
Selasa, 16 Juni 2020 16:30 WIB

Petugas kesehatan saat melakukan rapid test kepada pengunjung Pasar Legi Mojosari.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Mojokerto, terus melakukan langkah proaktif dalam melakukan penanganan dan pencegahan pandemi Covid-19 di seluruh wilayah Kabupaten Mojokerto.

Di antaranya, dilakukan dengan menggelar uji cepat (rapid test) massal di pusat-pusat keramaian, yakni di Pasar Legi dan Pasar Sawahan Kabupaten Mojokerto pada Selasa, (16/6/2020). Sasaran rapid test kali ini para pedagang pasar, serta masyarakat umum yang beraktivitas di sekitar pasar.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Mojokerto, Ardi Sepdianto mengatakan, pihaknya sengaja telah memilih beberapa pusat-pusat keramaian, seperti di pasar sebagai tempat rapid test massal. Sebab, pasar sebagai salah satu tempat keramaian dan merupakan tempat orang banyak berkumpul, berpotensi menjadi tempat penyebaran Covid-19.

Menurutnya, pentingnya melakukan rapid test massal dikarenakan hasilnya bisa jadi penghitung pengendalian penanganan Covid-19.

"Selasa ini (16/6/2020), rapid test massal telah digelar di Pasar Legi dan Pasar Sawahan dengan sasaran utama untuk para pedagang dan pembeli. Rencananya, target dari rapid test adalah 1.000 orang di seluruh Kabupaten Mojokerto, dan yang sudah dilaksanakan sampai dengan Selasa (16/6/2020), total sebanyak 1.322 orang," ujarnya.

Adapun hasil dari pelaksanaan rapid test on the spot bersama Tim Hunter Covid-19 Dinkes Provinsi Jatim dan BPBD Provinsi, serta Dinkes Kabupaten Mojokerto di Pasar Legi adalah sebagai berikut, jumlah diperiksa sebanyak 281 orang, dan jumlah reaktif sebanyak 2 orang.

"Kemudian, di Pasar Sawahan sebanyak 373 orang diperiksa, dan jumlah reaktif sebanyak 78 orang. Melihat banyaknya yang reaktif, rencananya target rapid test on the spot akan ditambah," jelas Ardi Sepdianto, Selasa (16/6/2020).

Ardi Sepdianto yang juga sebagai Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Mojokerto menambahkan, pentingnya untuk menambah kegiatan rapid test on the spot di seluruh titik-titik keramaian adalah dalam rangka untuk pencegahan secara maksimal penyebaran Covid-19, serta berusaha memutus mata rantai persebarannya.

"Seluruh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 tetap bekerja maksimal dan profesional dalam menangani pandemi Covid-19 di seluruh wilayah ini," pungkasnya. (ris/zar)