Setelah di Ngawi, Kali Ini Jenglot Ditemukan di Pangandaran

Selasa, 13 Januari 2015 20:46 WIB

Foto penemuan jenglot di Bantul

BangsaOnline - Warga Batu Hiu Desa Ciliang Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, dihebohkan dengan penemuan benda yang diduga Jenglot oleh juru pelihara makam karomah Batu Hiu, Minggu kemarin (11/1).

Untuk menjaga hal-hal yang bisa menyebabkan kemusyirkan, Jenglot tersebut kemudian diamankan oleh sesepuh setempat.

Pendi, sesepuh makam keramat Batu Hiu mengatakan, Jenglot kali pertama ditemukan oleh Andan petugas juru pelihara makam keramat Batu Hiu.

"Saat ditemukan Jenglot tersebut masil dalam bungkusan, kemudain dibawa ke saya oleh Adnan," ungkapnya.

Dikatakannya, bungkusan berisi Jenglot tersebut sebetulnya sudah ada di sekitar makam sejak 3 hari sebelumnya. "Saya pikir hanya bungkusan biasa tapi ternyata setelah dibuka ada jenglotnya," kata dia.

Pendi mengaku tidak mengetahui keaslian Jenglot tersebut. Namun demikian untuk menjaga hal-hal yang bisa menyebabkan kemusyirkan dirinya langsung mengamankan benda yang dipercaya memiliki kekuatan mistik itu. "Saya juga tidak tahu asli atau tidak, sekarang jenglotnya ada di saya," sambungnya.

Pendi menambahkan, kemungkinan Jenglot tersebut milik para penziarah yang tertinggal. "Kalau ada pemiliknya nanti juga datang sendiri ke sini," tambahnya.

Dirinya sudah melaporkan penemuan Jenglot tersebut kepada Dinas Pariwisata Perindagkop dan UMKM Wilayah Parigi.

Dikatakan, informasi penemuan langsung menarik perhatian masyarakat dan wisatawan. "Banyak sekali warga dan wisatawan yang ingin melihat Jenglot, tadi pagi (kemarin,red) disini sampai penuh," sambungnya.

Lilis (35), salah seorang warga Batu Hiu mengaku penasaran sehingga sengaja datang untuk melihatnya. "Saya tahu dari tetanga katanya ada Jenglot di Batu Hiu terus penasaran aja ingin liat," ungkapnya.

Dikatakanya, selai warga banyak juga wisatawan yang penasaran ingin melihatnya. "Informasinya cepat menyebar tamu yang lagi wisata juga langsung pada lihat," pungkasnya.

 

sumber : jpnn.com