Bentuk BUMDes Bermodal Rp 2,4 Miliar, Desa di Sidoarjo Kelola Wisata Pemancingan

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Mustain
Sabtu, 27 Juni 2020 23:45 WIB

LAUNCHING: Wabup Nur Ahmad Syaifuddin saat mencoba memancing di wisata pemancingan milik BUMDes Desa Ketapang, Sabtu (27/6). foto: ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Desa Ketapang Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo, kini memiliki usaha wisata pemancingan. Tiga kolam pancing tersebut berada di lahan bekas lapangan desa seluas dua hektare, berlokasi di sisi Selatan kantor desa setempat.

Usaha kolam pancing ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Ketapang, bernama BUMDes Delta Mandiri.

Pembentukan BUMDes Delta Mandiri ini diapresiasi oleh Wabup Nur Ahmad Syaifuddin. Kata wabup, meski terjadi pandemi Covid-19, semangat masyarakat memajukan desanya sangat luar biasa.

Geliat aktivitas masyarakat Desa Ketapang masih tampak. Meski penduduk Desa Ketapang sudah tidak utuh lagi karena sebagian telah pindah akibat dampak luapan lumpur Lapindo. "Saya acungi jempol untuk masyarakat Ketapang masih bisa melaunching BUMDes di kala Covid-19," cetus wabup saat me-launching BUMDes Delta Mandiri, Sabtu (27/6).

Kata wabup, pembentukan BUMDes merupakan langkah yang tepat karena bisa membentuk kemandirian desa. Dengan begitu ekonomi masyarakatnya akan kuat.

"Apabila desa dapat mandiri, makmur, dan dapat memanaj potensinya dengan baik, maka negara akan menjadi kuat. Jadi negara itu akan kuat apabila ditopang oleh pemerintahan provinsi yang kuat, kabupaten yang kuat, lalu kecamatan dan desa yang kuat, khususnya Desa Ketapang Tanggulangin ini," bebernya.

Camat Tanggulangin Sabino Mariano menambahkan, pembentukan BUMDes Delta Mandiri murni prakarsa masyarakat Desa Ketapang. Secara swadaya, masyarakat berhasil mengumpulkan modal sebesar Rp. 1,7 miliar.

Kemudian di tahun 2019 ada penyertaan modal dari Pemerintah Desa (Pemdes) Ketapang kurang lebih Rp. 600 juta. Tahun 2020 ini, Pemdes Ketapang menambah modal sebesar Rp. 100 juta. Sehingga total investasi yang telah berjalan kepada BUMDes Delta Mandiri sebesar Rp. 2,4 miliar.

Sabino berharap ke depan BUMDes Delta Mandiri dapat terus dibangun secara gotong royong oleh masyarakat Desa Ketapang. 

Kata Sabino, ke depan akan ada usaha-usaha lainnya yang dikelola BUMDes Delta Mandiri, selain wisata pemancingan. Dirinya juga berharap nantinya masyarakat Desa Ketapang juga akan membangun desanya menjadi desa yang tangguh menghadapi bencana. (sta/rev)