​Dosa Besar Sujud kepada Manusia, Gus Fahmi Minta Bu Risma Tak Mengulangi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Dosa Besar Sujud kepada Manusia, Gus Fahmi Minta Bu Risma Tak Mengulangi

Editor: MMA
Senin, 29 Juni 2020 21:25 WIB

KH Fahmi Amrullah Hadzik (Gus Fahmi). foto: tebuireng online

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - KH. Fahmi Amrullah Hadzik minta Wali Kota (Risma) tidak mengulangi kebiasaannya sujud ke kaki manusia. “Tidak sepantasnya seseorang bersujud di kaki orang lain dengan alasan apapun,” tegas Gus Fahmi - panggilan akrab KH. Fahmi Amrullah Hadzik - kepada BANGSAONLINE.com, Senin (29/6/2020) malam.

Kepala  Pondok Putri Tebuireng Jombang Jawa Timur itu menegaskan bahwa manusia sujud kepada sesama manusia hukumnya haram, bahkan dosa besar, jika dimaksudkan penghormatan.

“Sedangkan kalau dimaksudkan untuk menyembah (manusia) malah syirik,” tegas Gus Fahmi. Syirik adalah menyekutukan Tuhan yang sangat dilarang dalam agama Islam.

Gus Fahmi lalu memberi contoh sikap tegas Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy’ari, pendiri Nahdlatul Ulama (NU) dan Pesantren Tebuireng, yang juga pejuang kemerdekaan Republik Indonesia dan ditetapkan sebagai pahlawan nasional oleh pemerintah.

(Wali Kota saat sujud di kaki dr Sudarsono. foto: ist)

“Hadrassyaikh saja melarang bangsa Indonesia melakukan seikerei pada zaman Jepang karena menyerupai ruku’ dalam salat. Bisa mengarah kepada kesyirikan,” kata Gus Fahmi. Seikerei adalah penghormatan kepada dewa matahari yang dilakukan penjajah Jepang dengan cara membungkukkan badan mengarah pada matahari terbit.

Gus Fahmi lalu mengutip Hadits Nabi Muhammad SAW. “Sabda Rasulullah SAW, seandainya sujud kepada makhluk itu boleh, niscaya aku perintahkan seorang istri besujud kepada suaminya,” kata Gus Fahmi.

Karena itu Gus Fahmi minta Bu Risma menghentikan kebiasaan sujud di kaki manusia karena dilarang agama Islam. “Semoga Bu Risma tidak mengulangi hal-hal seperti itu dan semoga itu hanya spontanitas beliau,” harap cucu Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy’ari itu.

Seperti diberitakan, kini viral video Risma sujud di kaki dokter Sudarsono. Ia bersujud dan menangis di hadapan sejumlah dokter, saat audiensi dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) di Balai Kota, Senin (29/6/2020).

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video