​Dilengkapi Pengaman Batere, Tahun Depan Nissan Luncurkan Ariya, Mobil Listrik Rp 600 Juta

Editor: Choirul
Kamis, 16 Juli 2020 11:47 WIB

Tampilannya jos... foto: https://arstechnica.com/

BANGSAONLINE.com – Tahun 2021, Nissan akan menggebrak pasar otomotif dengan meluncurkan mobil listrik yang dilengkapi, pengaturan termal aktif pada batere. Dilengkapi dobel gardan, dengan batere 63kWh dan 87kWh.

Varian yang diberi nama Ariya ini ditampilkan di pameran mobil Tokyo tahun lalu dan CES tahun ini. Juga dilakukan tes drive.

Ukuran dan bentuknya kira-kira sama dengan crossover Rogue yang paling laris di perusahaan. Nissan berharap Ariya mengikuti jejak mobil Rogue yang diterima pasar. CEO baru Nissan, Ashwani Gupta mengatakan, "perusahaan mengharapkan penjualan EVs dan model listrik e-POWER menjadi lebih dari 1 juta unit per tahun, pada akhir tahun fiskal 2023. Ariya akan memainkan peran penting dalam mencapai tujuan itu."

Ukuran dan bentuknya kira-kira sama dengan crossover Rogue terlaris. Di bagian dalam, semuanya minimalis berselera tinggi, yang dideskripsikan oleh kalangan wartawan, "Mirip dengan sebuah kafe ramping di atas kapal luar angkasa," kata Ashwani Gupta.

Ariya memanfaatkan sepenuhnya tata letak skateboard BEV untuk memaksimalkan ruang kabin di atas instalasi baterai. Dengan mobil dimatikan, tampaknya meniru estetika bebas Model 3, lengkap dengan sistem infotainment layar sentuh besar. Tapi nyalakan Ariya dan kontrol haptic backlit muncul, diatur dalam dasbor kayu hitam.

Jika mematikan dobel gardan, deigerakkan dengan motor depan tunggal 160kW (215hp) atau 290kW (389hp) twin-motor drive, yang disebut Nissan 4ORCE. Di manan 4ORCE adalah turunan dari sistem penggerak semua roda GT-R ATESSA yang legendaris.

Dan ada sepasang paket baterai - satu dengan 63kWh dapat digunakan (total 65kWh) dan paket lebih panjang dengan 87kWh yang bisa digunakan (total 90kWh).

Pilih paket yang lebih besar dan motor tunggal, dan Ariya Anda mampu melakukan 300 mil (482km) dengan sekali pengisian (baik dengan 7.2kW AC, atau 130kW DC menggunakan colokan CCS).

Tidak perlu khawatir tentang daya tahan baterai, karena menggunakan manajemen termal aktif.

Ariya akan dijual di Jepang dan AS dimulai tahun 2021 dengan harga kisaran Rp 600 juta. 

Berikut beberapa tampilan Ariya:

 

sumber : https://arstechnica.com/