Ketua Satgas Covid-19 IDI Surabaya Mustofa Rusli Raih Gelar Doktor di Fakultas Kedokteran Unair | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Ketua Satgas Covid-19 IDI Surabaya Mustofa Rusli Raih Gelar Doktor di Fakultas Kedokteran Unair

Editor: Abdurrahman Ubaidah
Selasa, 21 Juli 2020 23:21 WIB

Pasangan doktor-dokter: Dr dr Musofa Rusli dan istrinya Dr dr Diah Purwaningsari.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dr. Musofa Rusli, Ketua Satgas Covid 19 IDI (Ikatan Dokter Indonesia) Surabaya, Selasa (21/7) meraih gelar doktor di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga.

Dalam sidang yang dilakukan secara daring, Musofa yang juga Wakil Sekretaris IDI Surabaya, berhasil mempertahankan disertasi berjudul "Mekanisme dan Pengaruh Regulasi Inflamasi Sistemik pada Tikus Model Sepsis Melalui Peran HMGB1, IL-1B, IL-10 dan Procalcitonin pada Pemberian Statin".

Bertindak sebagai Promotor Prof. Dr. Usman Hadi, SpPD, dan Ko-Promotor Prof. Dr Jusak Nugraha, MS, SpPK.

Musofa yang mengikuti program doktoral angkatan 2014 melakukan penelitian selama tiga bulan sejak 1 Februari 2020 sampai 30 April 2020.

Dalam ringkasan disertasi, Musofa menyebutkan bahwa sepsis mengakibatkan disfungsi organ yang mengancam jiwa yang disebabkan oleh disregulasi respons tubuh terhadap infeksi.

"Sepsis merupakan masalah kesehatan utama yang dialami jutaan pasien tiap tahun. Seperempat dari penderita sepsis berakhir dengan kematian," kata Musofa.

Sepsis terjadi ketika bahan kimia yang dilepaskan di dalam aliran darah untuk melawan infeksi memicu peradangan di seluruh tubuh. Dapat menyebabkan berbagai perubahan yang merusak beberapa sistem organ, menyebabkan kegagalan organ, terkadang bahkan mengakibatkan kematian.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Covid-19

Berita Terkait

Bangsaonline Video