Sejumlah Desa dan Kelurahan Terdampak Lumpur di Sidoarjo Segera Dimerger | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Sejumlah Desa dan Kelurahan Terdampak Lumpur di Sidoarjo Segera Dimerger

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Mustain
Rabu, 22 Juli 2020 21:50 WIB

Rapat membahas penggabungan desa dan kelurahan terdampak lumpur, di DPRD Sidoarjo, Rabu (22/7). foto ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Sejumlah desa dan kelurahan di Sidoarjo yang wilayahnya terdampak lumpur panas, bakal segera dimerger. Selain untuk tertib administrasi kewilayahan, upaya penggabungan ini berkaitan dengan dana desa dan kelurahan yang harus dipertanggungjawabkan.

Untuk penggabungan kelurahan, merupakan wewenang daerah dalam hal ini . Namun harus ada persetujuan bersama dari DPRD Sidoarjo. Karena itu, digelar rapat antara DPRD dengan sejumlah OPD , Rabu (22/7).

Dalam rapat yang dipimpin Ketua DPRD Sidoarjo Usman, bersama Sekda Achmad Zaini, dan Ketua Komisi A Subandi itu, kesepuluh desa dan kelurahan terdampak lumpur, bakal digabung untuk administrasi kewilayahan dan pertanggungjawaban anggaran.

"Rapat ini membahas tentang rencana pengabungan tiga kelurahan yang terendam Lumpur Sidoarjo. Di antaranya Kelurahan Siring, Mindi, dan Kelurahan Jatirejo. Sesuai regulasi penggabungan kelurahan ini harus mendapat persetujuan DPRD Sidoarjo," cetus Sekda Sidoarjo, Achmad Zaini.

Kata Zaini, berdasarkan hasil rapat antara Pemkab dan DPRD Sidoarjo, tidak ada persoalan signifikan dalam penggabungan desa dan kelurahan itu. Alasannya, penggabungan sudah memenuhi sejumlah aspek. Di antaranya aspek kewilayahan dan aspek sosial.

"Untuk Kelurahan Siring dan Jatirejo rencananya akan digabungkan dengan Kelurahan Gedang, Kecamatan Porong. Sedangkan Kelurahan Mindi digabung dengan Kelurahan Porong. Untuk pengabungan kelurahan diputuskan melalui Peraturan Daerah (Perda) karena kewenangannya ada di pemerintah daerah," imbuhnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video