Gubernur Khofifah Ganti Masker 5 Kali, Kiai Asep: Corona Melanda karena Kita Kotor | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Gubernur Khofifah Ganti Masker 5 Kali, Kiai Asep: Corona Melanda karena Kita Kotor

Editor: MMA
Rabu, 29 Juli 2020 10:48 WIB

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat menandatangani prasasti peresmian Asrama Gunung Jati Institut KH. Abdul Chalim Pacet Mojoketo disaksikan Gus Barra dan Ikfina Fahmawati dan Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, M.Ag, Selasa (29/7/2020). foto: MMA/ bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ada pernyataan menarik dari Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, M.Ag., saat menyambut kunjungan Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa di Pondok Pesantren Tangguh dan Istighatsah di Guest House Institut KH Abdul Chalim Pacet Mojokerto, Selasa (29/7/2020). Menurut dia, melanda dunia karena kita kotor alias abai terhadap kebersihan. Ia memberi contoh desain kering di airport luar negeri yang hanya menyediakan tisu tanpa air.

“Saya sering keluar negeri. Toilet- di bandara tak ada airnya. Tolilet kering. Jadi orang buang air besar dan buang air kecil cawek pakai tisu, tidak pakai air. Gimana bersih wong kepet,” kata Kiai Asep Saifuddin Chalim disambut tawa para ibu-ibu Muslimat NU yang hadir di Guest House Institut KH Abdul Chalim Pacet Mojokerto.

(Para ibu-ibu Muslimat NU duduk tertib dan berjarak di dalam ruangan Guest House. Sebagian lain berada di lantai 2 dan di halaman samping dan belakang. foto: mma/ bangsaonline.com)

Ironisnya, Indonesia malah ikut-ikutan. Kiai Asep mecontohkan terminal III Cengkareng yang mendesain nya tanpa air. “Showernya gak ada,” kata Kiai Asep. Karena itu Kiai Asep minta para ibu Muslimat NU menjaga kebersihan sehingga terhindar dari covid-19. Misalnya mandi dua kali.

Pernyataan Kiai Asep ini direspons oleh Gubernur saat memberi sambutan. Menurut gubernur perempuan pertama di Jatim itu, mulai dari RA dan PAUD kita semua hafal annadzafatu minal iman (kebersihan itu bagian dari iman-red). “Tapi kalau kita lihat praktiknya, Singapura lebih bersih,” kata Gubernur .

menjelaskan, sekarang Negara terbesih adalah Taiwan. Tapi di Taiwan, kata , mulai muncul kesadaran pentingnya menggunakan air mengalir. “Di Taiwan sudah mulai pakai shower,” ujar .

Karena itu, Gubernur minta ibu-ibu Muslimat NU untuk menjaga kebersihan. Bahkan, menurut , jika kita banyak beraktivitas di luar, tidak cukup mandi dua kali, tapi harus berkali-kali. 

(Para santri putra di dalam Masjid Raya KH Abdul Chalim duduk berjarak untuk menaati protokol kesehatan. foto: mma/bangsaonline.com)

Begitu juga dalam menggunakan . Harus selalu berganti jika memiliki kegiatan padat. “Saya sehari ganti lima kali,” kata Gubernur .

Dalam acara itu, Muhammad Al-Barra (Gus Barra), Ketua Yayasan juga memberi sambutan. Menurut Gus Barra, sebenarnya para ibu-ibu Muslimat NU ingin sekali duduk lebih dekat dengan Ibu Gubernur. Tapi karena harus mematuhi protokol kesehatan, terpaksa tempatnya dipecah menjadi empat tempat.

Hadir juga Prof. Dr. M. Mas’ud Said, Ketua PW ISNU Jawa Timur, Wahid Wahyudi, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Hudiono, Kepala Biro Kesejahteraan Sosial, dan Ikfina Fahmawati, Calon Bupati Mojokerto.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video