​Gus Im Wasiat Minta Dimakamkan di Denanyar, Samping Gus Wahid Aziz Bisri | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Gus Im Wasiat Minta Dimakamkan di Denanyar, Samping Gus Wahid Aziz Bisri

Editor: MMA
Sabtu, 01 Agustus 2020 12:39 WIB

Para kiai dan penta'ziyah berdoa di depan jenazah KH Hasyim Wahid di rumah duka Ciganjur sebelum diberangkatkan ke Denanyar Jombang, Sabtu (1/8/2020). foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sempat muncul pertanyaan dari kiai, kenapa KH Hasyim Wahid (Gus Im) yang wafat hari ini, Sabtu (1/8/2020), tidak dimakamkan di pemakaman keluarga Pesantren Tebuireng. Ternyata Gus Im yang wafat dalam usia 67 tahun itu pernah berwasiat agar dimakamkam di pemakaman keluarga Pondok Pesantren Mambaul Maarif Denanyar Jombang Jawa Timur.

Benarkah? “Ya, kalau (wasiat) tertulis ya tidak. Tapi sering matur saya. Nanti kalau wafat dimakamkan di Denanyar, samping Gus Wahid Aziz Bisri, adik sepupu, teman waktu kecil,” tutur KH Abdul Muiz bin Abdul Aziz Masyhuri yang akrab dipanggil Gus Muiz kepada BANGSAONLINE.com, Sabtu (1/8//2020). Gus Muiz adalah cicit KH Bisri Syansuri dari jalur ibunya, yaitu Nyai Hj Anik Nur Azizah. Nyai Anik adalah putri KH Abdul Aziz Bisri. Sedang Kiai Abdul Aziz Bisri adalah putra KH Bisri Syansuri.

(Letak rencana tempat pemakaman Gus Im di pemakaman keluarga Pondok Pesantren Mambaul Maarif Denanyar Jombang. foto: ist)

Memang, ibunda Gus Im, Nyai Hj Sholihah, putri KH Bisri Syamsuri, Rais Aam PBNU setelah KH Abdul Wahab Hasbullah. Kiai Bisri Syamsuri dimakamkan di pemakaman keluarga di Pondok Pesantren Mambaul Maarif Denanyar Jombang.

Menurut Gus Muiz, sekarang jenazah Gus Im dalam perjalanan dari Ciganjur menuju Denanyar Jombang. Diperkirakan nanti malam sekitar pukul 21.00 WIB baru sampai di Denanyar. Begitu juga tempat pemakaman jenazah Gus Im sudah dipersiapkan di Denanyar.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video