Tafsir Al-Hijr 36-38: Iblis, Makhluk Pertama yang Bilang 'Aku Ra Popo'

Editor: Revol
Selasa, 20 Januari 2015 22:29 WIB

BangsaOnline - Dialah Iblis, makhluk pertama yang berani melawan Tuhan, terang-terangan menolak perintah Allah bersujud kepada Adam A.S. Dialah Iblis, makhluk pertama yang menggunakan pemikiran analogik atau pola qiyas yang salah. Merasa dirinya lebih unggul daripada Adam karena dicipta dari api, sementara Adam dari tanah liat. Dia menganggap tidak level dengan Adam, sehingga tidak mau bersujud. Dialah Iblis, makhluk pertama yang dibentak Tuhan dan dikutuk habis-habisan, tapi tegar-tegar saja dan ra popo. Dialah Iblis, makhluk pertama yang meminta agar diberi umur panjang hingga hari kiamat nanti dan Tuhan mengabulkan.

Pertama, adalah pelajaran, bahwa pelanggaran atau kemaksiatan sekecil apapun pasti berakibat tidak baik, bahkan buruk bagi kehidupan masa depan. Sekali orang berbuat maksiat dan aman, maka terus ketagihan. Apalagi maksiat pribadi seperti berzina, berjudi, menenggak narkoba dll. Termasuk meninggalkan amal baik. Sekali anda meninggalkan amalan sunnah yang sudah biasa anda lakukan, pastilah cenderung untuk meninggalkan lagi. Lalu mudah meninggalkan, lalu ditinggalkan

Pada sisi yang lain, melanggar itu sebuah gengsi dan kenikmatan tersendiri. Pelanggar aturan ingin menunjukkan eksistensi dirinya sebagai sosok tersendiri yang tidak sama dengan umumnya manusia. Dia ingin diperhitungkan sebagai orang khusus dan saat jiwa sedang demikian, maka itulah kesombongan. Pengendara sepeda motor malam hari tidak mau menyalakan lampu, tidak melengkapi kaca spion, tanpa helm mengandung maksud tampil beda dengan yang lain. Tapi berisiko dan nyatanya sudah banyak korban akibat pelanggaran tersebut.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video