Gubernur Khofifah segera Benahi Puspa Agro secara Komprehensif | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Gubernur Khofifah segera Benahi Puspa Agro secara Komprehensif

Editor: MMA
Rabu, 12 Agustus 2020 14:55 WIB

Inilah kondisi salah satu bangunan induk Puspa Agro. Foto ini diambil hari ini, Rabu (12/8/2020). foto: Nanang Fachrurrozi/ BANGSAONLINE

Kunjungan kerja Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jakarta pada Senin, 10 Agustus 2020, membangkitkan optimisme rakyat Jatim. Terutama terkait rencana pembangunan akses tol (interchange) menuju Pasar Induk Puspa Agro di Kabupaten Sidoarjo. Nah, apa kabar Puspa Agro? 

Pasar Induk modern agrobis Puspa Agro dibangun dengan gegap gempita oleh Pemerintah Propinsi Jawa Timur. Namun pengelolaannya tidak optimal. Dan ini bisa dianggap sebagai kegagalan perencanaan pembangunan Bapeda Provinsi Jawa Timur. Karena itu perlu pembenahan total.

Puspa Agro dibangun pada 2008 di Sidoarjo. Menghabiskan dana lebih dari setengah triliun (Rp 585 M). Puspa Agro menempati areal seluas 50 hektare di Desa Jemundo, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo. Tapi eksisting hanya termanfaatkan 22 hektare.

Puspa Argo yang semula dirancang sebagai pusat distribusi hasil pertanian, pangan, sayur mayur, buah buahan dan hasil perkebunan Jawa Timur itu dapat dikatakan merana, walau dalam master plan-nya dimaksudkan sebagai pusat keunggulan provinsi, lumbung pangan provinsi strategis yang dihuni oleh 15 persen penduduk Indonesia ini. Nyatanya sekarang perlu sentuhan strategis yang menyeluruh.

Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa datang dengan terobosan dan semangat baru. Bermula dari berita keprihatinan keadaan yang tidak optimal, Gubernur sempat mempelajari pusat distribusi hasil pertanian di Negara Taiwan. Kunjungan Gubernur ke Taiwan itu dilakukan sebelum dilantik, tepatnya pertengahan Januari 2018. 

Hal itu dilakukan Gubernur yang dikenal progresif dalam berpikir dan bertindak itu untuk menguatkan pertanian, perkebunan sekaligus mengangkat derajat petani, disamping untuk menguatkan aktivitas agro industri di propinsi yang beliau pimpin.Gubernur pun bakal membenahi Puspa Agro secara konprehensif.

(Hanya beberapa bedhak di Puspa Agro yang masih buka. Foto diambil hari ini, Rabu (12/8/2020). foto: Nanang Fachrurozi/ BANGSAONLINE.com)

Tak tanggung-tanggung. Untuk tujuan konkret, beliau kunjungi salah satu pasar induk terbaik Asia di Taiwan. Gubernur bahkan melakukan wawancara dengan manajemen dan pengelolanya.

Gubernur tak hanya mempelajari sistem kebersihan yang baik di pusat agro Taiwan itu, tapi juga tentang penataan barang dagangan, quality controlnya, packaging, sistem transaksi, prosedur sirkulasi barang, dan juga tata kerja pengelola pusat agro yang ideal, cermat, modern.

(Salah satu toko di Puspa Agro yang masih buka. Foto diambil hari ini, Rabu (12/8/2020). Foto: Nanang Fachrurozi/ bangsaonline.com)

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video