Coklit Pilkada 2020, ​Bawaslu Situbondo Temukan Sejumlah Pelanggaran | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Coklit Pilkada 2020, ​Bawaslu Situbondo Temukan Sejumlah Pelanggaran

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Mursidi
Rabu, 19 Agustus 2020 19:41 WIB

Lima Pimpinan Bawaslu Situbondo saat menyampaikan temuan hasil pengawasan selama masa coklit Pilkada Tahun 2020. (foto: ist).

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Situbondo menemukan sejumlah dugaan pelanggaran dalam pelaksanaan tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih pilkada tahun 2020 yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo.

Ketua , Murtapik mengatakan bahwa pihaknya bersama jajaran ad hoc-nya di masa coklit menemukan joki atau oknum Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) melimpahkan kewenangannya kepada orang lain.

"Selama pelaksanaan coklit, ada sebanyak 3 PPDP yang tidak bekerja sendiri, dan melimpahkan kewenangannya kepada orang lain, alias pakai joki atau orang suruhan," ujar Murtapik saat ditemui di Kantor , Rabu (19/8/2020).

Selain itu, lanjutnya, juga menemukan sebanyak 148 rumah yang tidak dilakukan penempelan stiker atau formulir A.A2-KWK dan ada 5 PPDP yang tidak melaksanakan coklit secara langsung terhadap pemilih, serta tidak mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

"Ada 3 PPDP yang tidak melaksanakan protokol kesehatan Covid-19 saat melakukan coklit, dan tidak melakukan pencoklitan terhadap 10 rumah hingga batas akhir masa coklit, yakni pada tanggal 13 Agustus 2020 kemarin," terangnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video