Peringati 1 Suro, Paguyuban Murti Tomo Lamongan Gelar Jamasan Pusaka | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Peringati 1 Suro, Paguyuban Murti Tomo Lamongan Gelar Jamasan Pusaka

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Triwi Yoga Margiono
Minggu, 23 Agustus 2020 20:54 WIB

Prosesi jamasan yang dilakukan oleh anggota paguyuban. foto: TRIWI YOGA/ BANGSAONLINE

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Penjamasan benda pusaka menjadi bagian dalam tradisi sakral yang kerap dilakukan di bulan Suro atau Muharam.

Tradisi itu hingga kini masih dilakukan oleh Paguyuban Murti Tomo Waskito Tunggal yang berpusat di Desa Jatidrojog, Kecamatan Kedungpring, Kabupaten Lamongan, Sabtu (23/8/2020) malam hingga hari ini. Acara bersamaan dengan peringatan Tahun Jimakir 1954 Jawa.

Handoko, salah satu anggota paguyuban tersebut mengungkapkan bahwa jamasan benda pusaka berupa keris bertujuan untuk melestarikan budaya leluhur yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu.

"Selain melakukan jamasan atau bahasa umumnya pencucian benda pusaka ini juga mengingatkan kita bahwa warisan leluhur kita ini luar biasa," ungkapnya.

Sebelum melakukan jamasan, para anggota paguyuban itu melakukan doa bersama, potong tumpeng sebagai perayaan bulan Suro. Ia juga menjelaskan, bahan-bahan yang digunakan sebagai jamasan dari bahan alam.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video