Dusun Surowono, Sentra Pembenihan Ikan di Kabupaten Kediri | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Dusun Surowono, Sentra Pembenihan Ikan di Kabupaten Kediri

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
Selasa, 01 September 2020 19:43 WIB

Junaidi (bermasker) saat melayani pembeli. (foto: ist).

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Di Dusun Surowono, Desa Canggu, Kecamatan Badas, Kabupaten Kediri tidak hanya terdapat Candi Surowono bekas peninggalan Kerajaan Majapahit saja. Di dusun yang terletak sekitar 25 km arah Timur dari Kota Kediri atau sekitar 7 km arah Utara dari Kota Pare itu, ternyata juga menjadi salah satu daerah sentra pembenihan ikan.

Mulai dari ikan tombro, lele, wader, nila, gurami, patin, dan bawal. Selain menjadi sentra pembenihan, beberapa orang juga membudidayakan ikan untuk konsumsi.

Junaidi (55), salah satu pelaku usaha pembenihan ikan di Dusun Surowono menjelaskan, di dusunnya hampir setiap pekarangan rumah warga ada usaha pembenihan ikan.

Menurut Junaidi, selama ini pemasaran selain memenuhi permintaan lokal Kediri, juga dikirim kepada pemesan di hampir seluruh Indonesia.

"Paling jauh, ada teman yang pernah kirim ke Manokwari, Papua, Gorontalo, Sulawesi Utara, dan Kalimantan. Permintaan terbanyak adalah ikan bawal, nila, patin, dan tombro. Kirimnya bisa seminggu 2 kali," kata Junaidi, Selasa (1/9/2020).

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video