Serahkan Bantuan Subsidi Gaji Pekerja secara Simbolis, Khofifah Harap Perkuat Ekonomi dan Kesehatan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Serahkan Bantuan Subsidi Gaji Pekerja secara Simbolis, Khofifah Harap Perkuat Ekonomi dan Kesehatan

Editor: MMA
Selasa, 08 September 2020 14:30 WIB

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat menyerahkan secara simbolis bantuan subsidi upah kepada perwakilan pekerja di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (8/9). foto: ist/ bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Program Bantuan Subsidi Upah bagi para karyawan atau pekerja yang terdaftar dalam BPJS Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK telah dicairkan secara bertahap.

Sebanyak 560.670 tenaga kerja Jawa Timur - dari total sebanyak 1,7 juta tenaga kerja peserta BPJS Keternagakerjaan di Jatim - telah mendapatkan bantuan subsidi ini. Terdiri dari gelombang pertama sebanyak 122.379 tenaga kerja, dan gelombang kedua sebanyak 428.291 tenaga kerja.

Pada penyerahan tahap kedua ini, Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa menyerahkan secara simbolis bantuan subsidi upah kepada perwakilan pekerja di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (8/9). Acara ini disaksikan secara virtual oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dari 38 kabupaten/kota se-Jatim.

Program Bantuan Subsidi Upah ini sendiri diberikan secara bertahap. Bantuan sebesar Rp. 600 ribu rupiah per bulan ini diberikan selama 4 bulan dengan total Rp. 2,4 juta, dan dicairkan dalam dua tahap pencairan masing-masing sebesar Rp. 1,2 juta.

Total jumlah target calon penerima bantuan ini sendiri sebanyak 15,7 juta peserta seluruh Indonesia, yang disalurkan melalui Himpungan Bank Milik Negara (Himbara).

Usai menyerahkan bantuan subsidi upah secara simbolis, mengatakan bahwa pemberian bantuan ini sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk membantu para pekerja yang terdampak Covid-19 dan merupakan peserta BPJS Ketenagakerjaan yang tertib administrasi rutin membayar iuran sampai Juni.

Harapannya, bantuan ini mampu menjaga dan meningkatkan daya beli para pekerja serta mendongkrak konsumsi sehingga menimbulkan multiplier effect pada pertumbuhan ekonomi terutama di masa pandemi.

“Saya harap bantuan ini juga bisa memberikan penguatan ketahanan kesehatan masyarakat baik di lingkungan atau keluarganya. Misalnya untuk penguatan gizi bagi keluarga para pekerja sehingga memperkuat imunitas atau daya tahan tubuh,” katanya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video