​Jakob Oetama, Tokoh Pers dan Pendiri Kompas Gramedia Meninggal Dunia | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Jakob Oetama, Tokoh Pers dan Pendiri Kompas Gramedia Meninggal Dunia

Editor: MMA
Rabu, 09 September 2020 14:04 WIB

Jakob Oetama. foto: Kompas

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Tokoh pers Dr (H.C) Jakob Oetama meninggal dunia hari ini, Rabu (9/9/2020). Pendiri KOMPAS Gramedia Group yang di antaranya Harian KOMPAS dan KOMPAS TV itu meninggal dalama usia 88 tahun.

Kabar meninggalnya Jakob Oetama itu disiarkan langsung Kompas TV. Menurut Kompas TV, saat ini jenazah Jakob Oetama masih berada di Rumah Sakit Mitra Keluarga, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Ia akan disemayamkan di Gedung Kompas Gramedia.

Dikutip dari Wikipedia, Jakob Oetama lahir di Borobudur, Magelang, 27 September 1931. Jakob adalah wartawan dan salah satu pendiri Surat Kabar Kompas. Saat ini ia merupakan Presiden Direktur Kelompok Kompas-Gramedia, Pembina Pengurus Pusat Persatuan Wartawan Indonesia, dan Penasihat Konfederasi Wartawan ASEAN. Dia adalah penerima Doktor Honoris Causa di bidang komunikasi dari Universitas Gajah Mada dan penerima penghargaan Bintang Mahaputra Utama dari pemerintah Indonesia pada tahun 1973.

Jakob adalah putra seorang pensiunan guru di Sleman, Yogyakarta. Karier jurnalistik Jakob dimulai ketika menjadi redaktur Mingguan Penabur tahun 1956 dan berlanjut dengan mendirikan majalah Intisari tahun 1963 bersama P.K. Ojong, yang mungkin diilhami majalah Reader's Digest dari Amerika.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video