Dukung Dunia Pendidikan, Kadin Jatim Jalin Kerja Sama dengan Unesa | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Dukung Dunia Pendidikan, Kadin Jatim Jalin Kerja Sama dengan Unesa

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Nanang Fachrurrozi
Jumat, 18 September 2020 13:29 WIB

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kamar Dagang dan Industri Jawa Timur atau Kadin Jatim berkomitmen mendukung pengembangan penelitian dan inovasi yang dilakukan oleh dunia pendidikan. Setelah melakukan kerja sama dengan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, kali ini Kadin Jatim menjalin kerja sama dengan Universitas Negeri Surabaya ().

Kerja sama ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman yang dilakukan Rektor Universitas Negeri Surabaya, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes. dengan Ketua Kadin Jatim Adik Dwi Putranto di Kampus , Jalan Lidah Wetan Surabaya pada hari ini, Kamis (17/9/2020).

Adik mengatakan, kerja sama yang dibangun ini melingkupi bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Pengajaran, Penelitian, dan Pengembangan Sumber Daya Manusia serta Pengabdian Masyarakat dan Bidang lainnya.

"Ada banyak yang bisa dikerjasamakan dengan , mulai dari hasil penelitian hingga inovasi teknologi terapan. Karena industri membutuhkan inovasi teknologi agar bisa bersaing di pasar internasional," tegas Adik.

Apalagi sejauh ini sudah banyak inovasi yang dihasilkan , di antaranya penelitian tentang daun kelor yang akhirnya bisa dijadikan minuman teh herbal, hingga krekers yang bisa membantu mengatasi tingkat kekurangan gizi dan sunting di masyarakat.

Selain itu, juga ada penelitian tentang biji rambutan yang bisa diolah menjadi brownis dan kue kering. Di bidang kecantikan, ada produk inovasi dengan menggunakan nanomaterial emas Nano Gold dan Nano Silver untuk mencegah terjadinya kanker.

Di bidang otomotif, inovasi yang telah dilakukan adalah mobil dan sepeda motor listrik, knalpot ramah lingkungan dan lain sebagainya. Dan yang tidak kalah kerennya adalah inovasi Robot Kece 1 dan Robot Kece 2 untuk membantu tenaga medis di rumah sakit dalam menangani pasien Covid-19.

Lebih lanjut, Adik mengatakan bahwa kerja sama dengan sebenarnya sudah terjalin sejak lama. Kerja sama tersebut terkait tentang pelatihan pelatih tempat kerja dalam program penerapan pendidikan vokasi sistem ganda di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jatim. Program ini terlaksana atas support dari IHK Trier Jerman.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Unesa kadin jatim

Berita Terkait

Bangsaonline Video