​Merasa Tenang, Milenial Ikrar Syahadat di Masjid Al-Akbar Surabaya

Editor: MMA
Jumat, 18 September 2020 14:11 WIB

Zakaria BJ Marcello (tengah, pegang mik) didampingi dua saksi sedang mengikrarkan dua kalimat syahadat di hadapan Imam Masjid Al-Akbar Surabaya, Ustadz Nasikh Hidayatullah, Jumat (18/9/2020). foto: mma/ bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Para muallaf yang mencari kedamaian dan ketenangan hidup terus bertambah. Zakaria BJ Marcello, seorang milenial mengikrarkan dua kalimat syahadat di Masjid Al-Akbar Surabaya seusai salat Jumat (18/9/2020). Remaja berkulit putih kelahiran 7 Februari 1998 itu mengaku merasa tenang dengan memeluk agama Islam.

“Ya, merasa tenang,” tutur BJ Marcello menjelaskan motivasinya kenapa ia masuk Islam. Marcello menegaskan itu menjawab pertanyaan Ustadz Nasikh Hidayatullah, Imam Masjid Al-Akbar, yang menuntun proses ikrar dua kalimat syahadat.

Ustadz Nasikh bertanya lagi, apa agama sebelumnya.

“Kristen,” jawab Marcello.

Apakah masuk Islam karena mau menikah? "Tidak," jawab Marcello.

Apakah sudah punya calon istri atau pacar? "Belum," jawabnya lagi. Jadi ia masuk Islam murni karena faktor mencari ketenangan. 

(Zakaria BJ Marcello. foto: mma/ bangsaonline.com)

Ustadz Nasikh juga bertanya apakah orang tuanya sudah tahu kalau Zakaria BJ Marcello mau masuk Islam.

“Ya, sudah tahu,” jawab Zakaria BJ Marcello.

Menurut Marcello, bukan hanya orang tuanya yang tahu, tapi juga saudaranya tahu kalau dirinya mau masuk Islam.

Karena tekad Marcello sudah bulat, maka dengan didampingi dua orang saksi, Ustadz Nasikh Hidayatullah lantas menuntun membaca dua kalimat syahadat. Pembacaan syahadat itu dituntun kalimat demi kalimat karena Marcello belum terbiasa melafalkan huruf Arab.

"Asyhaduallaa ilahaillallah. Waasyhaduanna Muhammadararulullah. Aku bersaksi bahwa sungguh tiada tuhan selain Allah. Dan aku bersaksi sungguh bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah,” ucap Marcello mengikuti kalimat demi kalimat yang diucapkan Ustadz Nasikh Hidyatullah.

(Zakaria BJ Marcello didampingi salah satu saksi saat mengikrarkan dua kalimat syahadat. foto: mma/ bangsaonline.com)

Usai ikrar, Ustadz Nasikh langsung memimpin doa agar Marcello terus mendapat hidayah (petunjuk) dari Allah SWT.

“Silakan tanda tangan,” kata Ustadz Nashikh kepada Marcello. Milenial beralamat di Wonokromo Surabaya itu pun menandatangani surat keterangan bahwa ia sudah masuk Islam.

Surat keterangan itu diperkuat tandatangan dua saksi dan Ustadz Nasikh Hidayatullah. Dua saksi itu masih kerabat Marcello, sedang satunya lagi tetangga.

Menurut Ustadz Nasikh, cukup banyak warga non muslim yang mengikrarkan dua kalimat syahadat di Masjid Al-Akbar. Pada Jumat lalu sebanyak tiga orang masuk Islam di masjid yang diresmikan Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) pada 10 Nopember 2000 itu. (tim)