APBD Jember Tahun 2021 Terancam Macet Lagi, Komunikasi DPRD dengan Pemkab Masih Buntu | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

APBD Jember Tahun 2021 Terancam Macet Lagi, Komunikasi DPRD dengan Pemkab Masih Buntu

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Indrawan
Jumat, 18 September 2020 17:01 WIB

Ilustrasi.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Komunikasi antara DPRD dan Pemerintah Kabupaten Jember dalam membahas APBD 2021, sampai saat ini belum menemukan titik temu. Hal ini diakui Ketua DPRD Jember Itqon Syauqi. 

"Kita sampai saat ini belum ada titik temu pembahasannya. Kalau terus-terusan begini, masyarakat yang akan jadi korban," ujarnya saat ditemui di DPRD Jember, Jumat (18/9/2020).

Menurut Itqon, sesuai aturan mestinya pembahasan APBD diawali dengan penyusunan RKPD kabupaten dengan merujuk kepada RKPD Provinsi. RKPD kabupaten ini kemudian menjadi dasar untuk menyusun KUA PPAS, selanjutnya dibahas menjadi R-APBD dan ditetapkan menjadi APBD.

Namun menurut Itqon, ada kejanggalan dalam KUA PPAS yang diajukan Bupati Jember. Sebab, bupati sudah memasukkan KUA PPAS ke DPRD tanggal 10 Juli. Padahal RKPD Jawa Timur baru ditetapkan tanggal 11 Juli. 

"Bupati itu sudah berkirim pada 10 Juli lalu. Padahal RKPD Pemprov Jatim baru melakukan pengesahan 11 Agustus lalu. Dan ini sudah menyalahi aturan yang sudah diatur," imbuhnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video