Cek Kesiapan GBT, Menpora Usulkan Surabaya Jadi Venue Opening Ceremony Piala Dunia U-20

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Arianto
Jumat, 18 September 2020 18:14 WIB

Wali Kota Risma saat mendampingi rombongan Menpora Zainudin Amali melakukan peninjauan Stadion GBT. foto: YUDI A/ BANGSAONLINE?

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia Zainudin Amali dan Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianto meninjau langsung progres renovasi Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Jumat (18/9).

Rombongan tiba di Stadion GBT langsung disambut hangat oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini beserta jajarannya tepat pukul 10.00 WIB. Tanpa menunggu lama, Wali Kota Risma langsung mengajak rombongan berkeliling di seluruh area. Mulai dari stadion utama, ruang ganti pemain, ruang media, ruang ofisial, ruang medis, tempat parkir, hingga akses pembangunan jalan baru yang terhubung jalan tol.

Sembari mendengarkan penjelasan Wali Kota Risma, Menpora menggeleng-gelengkan kepala. Ia tampak terkesima dan kagum melihat upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya yang dinilai benar-benar serius mempersiapkan salah satu venue Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

Dalam kesempatan itu, Menpora Zainudin Amali mengatakan, begitu melihat perkembangan renovasi GBT, ia berdiskusi dengan Wakil Ketua PSSI Iwan Budianto bahwa daerah yang paling siap adalah Surabaya. “Intinya Surabaya yang paling siap. Nah, tentu kita akan terus ikuti perkembangannya,” kata Amali usai peninjauan.

Ia juga mengapresiasi Wali Kota Risma yang turun langsung memantau persiapan ini. Bahkan, ia meminta daerah-daerah lain yang juga menjadi tuan rumah, dapat mencontoh apa yang sudah dilakukan Wali Kota Risma dalam mempersiapkan Piala Dunia U-20 Tahun 2021 mendatang.

“Ibu Risma luar biasa sekali. Beliau terus-terusan berada di sini. Jadi ini yang kita harapkan oleh pemerintah daerah yang ketempatan, mestinya begini mencontoh apa yang dilakukan Ibu Risma,” ungkapnya.

Sembari melihat perkembangan ke depan, Menpora akan mengusulkan kepada Federation of International Football Association (FIFA) agar Surabaya menjadi salah salah satu calon lokasi acara pembukaan. Ia juga menegaskan bahwa sampai dengan hari ini, belum dipastikan di mana opening ceremony itu akan berlangsung.

“Kita lihat perkembangannya. Kalau memang bagus, akhirnya kita akan usulkan ke FIFA salah satu calon acara pembukaannya di sini,” tegas pria asal Gorontalo ini.

Sementara itu, Wali Kota Risma menjelaskan, jika nantinya Surabaya menjadi tempat pembukaan acara, ia juga sudah mempersiapkan komplet mulai dari welcome dinner hingga atraksi kesenian yang akan dipertontonkan. Pasalnya, saat bidding beberapa waktu lalu hal tersebut juga sudah dipaparkan olehnya.

“Jadi Insya Allah siap Surabaya kalau misalkan nanti dibuat untuk opening-nya. Untuk stadion targetnya akan selesai akhir tahun yakni pada Desember mendatang,” tegasnya.

Presiden UCLG ASPAC ini pun menegaskan, dari kunjungan Menpora tidak ada masukan atau usulan yang artinya sudah terkendali. Hanya saja, ia mengaku akan terus mengebut hingga tahap finishing usia. “Saat ini yang dikebut salah satunya pengerjaan akses jalan. Mudah-mudahan awal tahun kelar,” pungkasnya. (ian/rev)