Simulasi Vertical Rescue, DPK Kota Batu Selamatkan Korban Kebakaran dari Bangunan Tinggi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Simulasi Vertical Rescue, DPK Kota Batu Selamatkan Korban Kebakaran dari Bangunan Tinggi

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Agus Salimullah
Jumat, 18 September 2020 19:46 WIB

Petugas Dinas Penanggulangan Kebakaran (DPK) Kota Batu saat memperagakan meluncur dari ketinggian.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Dinas Penanggulangan Kebakaran (DPK) Kota Batu memberikan edukasi kepada pelaku wisata di Kota Batu, dengan menggelar simulasi Vertical Rescue di Lembah Metro Resort, Kota Batu, Jumat (17/9/2020).

Simulasi yang dilakukan DPK dan beberapa karyawan Lembah Metro Resort tersebut, guna mematangkan teknik penyelamatan dari berbagai hal yang tak diinginkan. Sebab, di Kota Batu terdapat banyak bangunan tinggi.

"Jadi dikhawatirkan jika terjadi hal yang tak diinginkan bisa menjadi kendala pada saat melakukan evakuasi korban apabila terjadi musibah," kata Himpun, Kepala DPK Kota Batu.

"Vertical rescue merupakan bagian dari operasi Search And Rescue (SAR) atau pencarian dan penyelamatan pada saat evakuasi atau pemindahan korban pada medan khusus vertikal atau terjal serta curam, baik basah maupun kering," paparnya.

"Kami berharap simulasi ini bisa mematangkan teknik penyelamatan dan bisa memberikan edukasi bagi pelaku wisata yang ikut terlibat," tandasnya.

Menurutnya, DPK sangat terbuka jika ada wahana wisata, hotel, restoran, desa, kelurahan, dan tempat-tempat yang lain yang ingin adanya pendampingan materi dan praktek secara langsung untuk menanggulangi kebakaran atau bencana.

Di tempat yang sama, Sekretaris DPK Kota Batu Supriyanto memaparkan vertical rescue merupakan teknik evakuasi dari titik rendah ke titik yang lebih tinggi ataupun sebaliknya, pada medan yang curam.

"Jadi, bagaimana cara membawa korban agar penyelamatan berhasil maksimal. Pelatihan vertical rescue juga menjadi bagian dari program Aksi Siaga Bencana (ASB)," jelasnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video