​Dana Otsus Papua Efektif Redam Gejolak Bila Lakukan Ini | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Dana Otsus Papua Efektif Redam Gejolak Bila Lakukan Ini

Editor: MMA
Sabtu, 19 September 2020 12:46 WIB

Ilustrasi

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Dana Otonomi Khusus (Otsus) untuk dan Barat memiliki tujuan sangat efektif. Terlebih Pemerintah Pusat berencana akan memperpanjang pelaksanaan dana Otsus yang akan berakhir pada 21 Desember 2021.

Menanggapi hal tersebut, Pemerhati dan Politik Global Prof. Dubes Imron Cotan mengatakan bahwa Dana Otsus memiliki nilai positif. Ia mengungkapkan, ada empat pengembangan sektor, yaitu: pendidikan, kesehatan, infrastruktur pemberdayaan ekonomi lokal. Hanya saja, adanya penolakan dari masyarakat karena tidak semua merasakan manfaatnya.

"Agar penggunaan dana Otsus bisa maksimal maka harus kuat dalam pengawasan secara internal. Namun, juga juga eksternal melalui KPK, BPK, Kepolisian dan Kejaksaan," ujarnya dalam keterangan tertulisnya yang diterima BANGSAONLINE.com, Sabtu (19/9/2020).

Rilis itu disampaikan seusai acara Moya Discussion Group WAG Unity in Diversity (UID) dengan tema Dana Otsus Untuk Membangun .

Menurut dia, pengawasan dalam penggunaan dana Otsus tidak menunjukkan secara maksimal. Ia menambahkan, adanya penyelewengan dana Otsus mengakibatkan masyarakat tidak bisa menikmati haknya.

"Kondisi ini dimanipulasi untuk kegiatan yang dikategorikan mengganggu ketertiban," katanya.

Ia menambahkan, melalui Inpres pengelolaan dana Otsus pengawasan bisa dilakukan dari luar. Agar lebih efektif, menurut dia, Pemerintah bisa memberi peran lembaga adat. Setidaknya, terdapat tujuh wilayah adat yang bisa dilibatkan dalam penggunaan tersebut. "Dengan Pemerintah turut serta melibatkannya diharapkan dana Otsus bisa maksimal. Sehingga benar-benar dirasakan hingga ke tataran masyarakat akar rumput. Terlebih lagi bisa memberi kontribusi yang positif kepada pembangunan yang lebih baik,"paparnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video